todays40 : waspadalah terhadap segala berhala..

1 Yohanes 5:21  Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.

Ini perintah yang sangat singkat yang diberikan seorang pemimpin kepada mereka yang dipimpin. Lebih dari sekadar perintah untuk menjaga diri terhadap berhala, tetapi juga keleluasaan untuk hidup di dalam peribadahan kepada Tuhan.

Kata “Anak-anakku” adalah sebutan yang terus dan berulang-ulang dipakai oleh Rasul Yohanes, yang disebut sebagai rasul kasih itu. Penggunaan kata ini menggambarkan hubungan yang intim antara dia sebagai pemimpin rohani, dengan orang-orang Kristen pada masa itu. Ia – seperti yang kita pelajari dalam tradisi orang percaya – adalah rasul yang terakhir, dan merupakan rasul yang diberikan Tuhan melihat dunia orang Kristen sepeninggal Rasul Yohanes dan rasul lainnya. Sehingga dia dikaruniai Tuhan memiliki umur yang panjang samapi umur 90-an. Hingga saat-saat terakhir dia kemudian harus dibuang ke Pulau Patmos, dimana dia kemudian diberikan Tuhan sebuah wahyu. Kemudian dari penglihatannya itu ia menulis kitab Wahyu (Apokalupsis).
Waspadalah terhadap segala berhala ! Its amazing little words exhortations.Waspadalah! Waspada! Sebab dunia ini menawarkan apa yang sangat menarik hati manusia. Iblis sudah berpengalaman ribuan tahun untuk membuat ini. Ia telah berulang ribu kali membuat manusia jatuh kepada penyembahan berhala, penyembahan kepada kekuatan dunia ini. Semua yang pernah dilakukannya adalah mencobai manusia dengan memeberikan apa yang menarik; dan setiap kali manusia yang tidak memiliki pendirian tetap, kehilangan motivasi menjadi jatuh; menjadi terikat kepadanya.
Berdasar kepada apakah Yohanes mengatakan Anak-anakku!? Tentu berdasarkan kasih. Ia menjadi rasul pilar bagi mereka yang sudah mendengar ajaran-ajaran para rasul. Dengan kasih ia mengingatkan kita juga untuk mawas diri terhadap segala macam godaan berhala dan ilah pada masa ini. Kasih pulalah yang seharusnya menjadi pengikat kita menyembah kepada Tuhan Allah kita yang memberkati kita.
Karena Allah telah lebih dulu mengasihi kita (1 Yoh. 4, 19) demikian juga hendaklah kita saling mengasihi.
Salam

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s