Magira ma Ahu ro. Tiop ma na di ho, unang adong na mambuat tumpalmi; Pangungkapon 3, 11

Setiap kali harus membaca teks ini membuat hatiku terhenyak. Wow, Betapa tidak, kata AKU DATANG SEGERA. AKU SEGERA. SEGERA. Lekas, hatop, tibu, magira. Tidak diakhiri dengan koma, tapi titik! Selesai.

Tak ada lagi waktu yang terlalu banyak. Tidak ada lagi kesempatan yang datang berulang-ulang dan kembali. Tidak ada lagi. Semuanya hidup dalam kesegeraan dan kesempatan yang tiba segera, sebentar lagi. Ungkapan kesegeraan ini memang disampaikan rasul Yohanes kepada orang-orang Kristen yang pada jaman itu menghadapi tantangan hidup. Tantangan yang mungkin klise bagi kita, mereka menghadapi maut dan siksa kemanusiaan karena kekristenannya. Kita? Pernahkah kita terfikir akan sulitnya menjadi Kristen ini. Mereka harus segera mengingat dan jangan melupakan identitasnya sebagai pengikut Kristus. Pagi ini mereka bersama, bisa saja nanti siang mereka harus mati, diadu dengan binatang buas, disuruh minum racun, atau dipancung. Itulah tantangan hidup mereka. Supaya jangan kesengsaraan dan maut memisahkan mereka dari Tuhan, perlulah peneguhan agar mereka bertahan dan tidak mengkhianati imannya.

Sulitnya hidup dan tantangan di dalamnya terkadang membuat kita lupa memegang, mengingat, menjalankan dan melakoni apa yang kita percayai. Terkadang seperti kata orang Batak, golom ri(a). Kalau seseorang memegang ilalang, lalang dengan kuat dan teguh niscaya tangannya tidak akan tersayat. Tapi jika dipegang dengan setengah-setengah kuat, tersayatlah tangan. Berbahagialah mereka yang memegang teguh iman percaya dan mendapat mahkota kehidupan selamanya.
Akh, Betapa singkatnya kesegeraan ini. Siap..!?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s