todays 44: Perhatikanlah dengan seksama bagaimana kamu hidup [Ef. 5, 15-16]

Karena itu, perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat [Efesus 5, 15-16]

Memperhatikan bagi banyak orang adalah aktifitas yang menyenangkan. Meluangkan waktu untuk dengan cermat memperhatikan adalah sebuah pemberian Tuhan untuk umat manusia. Dengan memperhatikan maka kita mendapat sebuah pengertian yang mendalam.
Banyak sudah yang kita lalui dalam perjalanan kehidupan kita. Semua yang kita lalui sekarang tentu dapat kita amati, satu persatu, display it item per item muncul di hadapan kita dengan sangat jelas membuat kita begitu tertarik. Jadi berbahagialah orang yang selalu memiliki waktu untuk memperhatikan semuanya itu.
Misalnya, memperhatikan tingkah laku seorang anak kecil, bagi seorang orang tua tentu sangat menarik. Tingkah mereka yang lucu dan kepolosan sikap dan perkataannya menyadarkan kita tentang banyak hal yang sering kita lupakan. Mungkin oleh karena itu Tuhan berkata, jika kamu tidak seperti anak-anak ini, kamu tidak layak masuk ke dalam kerajaan sorga.
**
Bukan karena hari-hari ini adalah waktu yang jahat, maka kita perlu bijak dan memperhatikan dengan seksama. Bahkan di hari-hari “biasa” kita tidak boleh lengah. Maka dalam keadaan “hari baik” atau pun “hari-hari yang jahat” kita harus tetap waspada dan jangan lengah.
Rasul Paulus dalam hal ini menghubungkan bijaksana atau hikmat sebagai yang berhubungan dengan waktu yang ada. Jadi hikmat selalu dihubungkan dengan memakai waktu dengan sebaik-baiknya. Mengisi kesempatan demi kesempatan untuk belajar dari itu semua.
Kita tahu kita begitu banyak melewatkan waktu dan kesempatan dalam hidup kita. Kita tidak mempergunakan kesempatan yang ada itu dengan baik. Tetapi ada yang kita lakukan dengan “menebus” waktu yang terlewat itu untuk hari ini. Sama seperti orang yang menaruh barang di pegadaian, barang itu terlalu murah berada disana. Harganya tidak setimpal dengan nilai barang itu. Maka yang kita lakukan adalah berusaha menebus barang itu sebelum deadline. Kita harus menebusnya sebelum habis masanya. Demikianlah kita mempergunakan waktu yang ada itu dengan sebaik-baiknya.

Artikel Yang Berhubungan :
todays43
todays42
todays41
todays40

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s