ABCs CUM

BUKU PINTAR CREDIT UNION MODIFIKASI (CUM)

Gelombang III, 14 Februari-20 Mei 2006;
Taman Jubileum 100 Tahun GBKP Gelora Kasih, Sukamakmur, Sibolangit
Pendidik : Dr Mangara Pintor Ambarita

Sillabus :
Akuntansi
-Ekonomi Mikro
-Ekonomi Makro
-Monetery
-Manajemen Perusahaan
-Hukum Perdata
-Teori Sistem.

Dasar-dasar teologi dari Credit Union Modifikasi (CUM)
1. Mat 7,12: Belas kasihanlah! Bukan persembahan yang Dia ingini.
2. Yer 33,3 : Hal-hal besar dan tersembunyi akan disingkapkan
3. 2 Petr 1,5 : Tambahkan lah kebajikan dan Il pengetahuan

Kecenderungan perekonomian di Indonesia adalah Bank syariah, muamalat untuk bank-bank kristen di Indonesia.Ada pula declinism, yaitu kemerosotan nilai-nilai. Dan dengan demikian gereja terlibat di dalamnya : Bagaimana gereja ikut campur turun tangan untuk melihat kemerosotan itu?
Bagaimana mungkin gereja berperan serta dalam perekonomian dengan melampaui peran-peran agama dan bangsa-bangsa.Ada pula yang mengatakan bahwa yang terakhir terjadi adalah endenism : suatu gejala akhir dari segala sesuatunya/ baca mitos. Anak-anak Tuhan tidak akan dipermalukan, artinya bahwa melalui CUM gereja harus berperan dan sekuat tenaga bekerja demi kesejaheraan semua orang termasuk warganya.Maka gereja ada kuasa untuk meruntuhkan dan membangun (to develop and to destroy). CUM adalah solusi bagi gereja yang tidak mungkin lagi mendirikan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) karena kesulitan mendirikan BPR adalah saingan yang ada dan sistem regulasi yang tidak lagi memperbolehkan adanya bank kristen. Tetapi semakin jelaslah arah kita, semakin sulit jalan yang harus ditempuh oleh gereja semakin kita yakin bahwa itu adalah jalan Tuhan untuk menolong kita; sama seperti pengalaman orang Israel dlsb. Melalui CUM akan terjadi program pemberdayaan jemaat; sebab dibandingkan dengan CU biasa/tradisional ada kesulitan tidak dikelola secara profesional dan juga akuntansinya rumit dan ruwet. Kemudian itu dimodifikasi agar terjadi pembaruan (renewal) dalam sistemnya. Sehingga dengan demikian gereja benar-benar inklusif dan sifatnya merangkul jemaatnya sebab tidak lagi jalannya gereja menjadi menara gading, yang tidak tersentuh dan tidak dapat dipegang. Karena itu gereja perlu sekali belajar dari kesalahannya : learning from mistakes. Dengan demikian gereja terus menerus memperbaharui dirinya. Karena itu dipakailah metode SWOT : Strength, Weakness, Opportunity & Threat.

8 comments

  1. amang, tolonglah kirim buku Muhammad Yunus yang sudah sejak lama q minta itu.
    salam sama kaka n josephine.

    1. CUM di rawalumbu sudah dibentuk dan sekarang terus dijemaatkan. Tentang resistensi dari sebagian kalangan, itu lumrah saja. Kita berdoa sama-sama semoga CUM di HKBP bisa semakin diterima karena memberi sumbangan nyata di masyarakat dan warga.

      Bukunya, Linda mungkin nanti tgl 12 mei saya bawa ya ke siantar.
      Sampai ketemu

  2. CUM, sebagai pelayanan HKBP berkembang bersama HKBP, menuju HKBP yang inklusif.
    horas amang, salam CUM
    bagaimana perkembangan CUM disana.

    1. horas ma inang manager nami, mudah2n ke depannya CUM semakin memberi banyak sumbanga untuk ekonomi rakyat dan gereja.

  3. CUM sangat baik untuk dikembangkan bagi pengembangan sumberdaya manusia serta swadaya warga jemaat HKBP yang dikemudia harinya diinginkan menjadi garam dan terang dunia ditengah-tengah kegelapan ekonomi dan kemerosotan moral dan ahklak manusia. Bravo CUM HKBP Salam CUM…………….kalau boleh website ini dilengkapi dengan berbagai photo dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk CUM.

    dari saya
    Pdt.Eben ezer Munthe
    Bandung

    Ba horas ma di manager i; ai hulahula i do hamu.
    mauliate atas sarannya, mudah2n cum bisa membantu masyarakat luas.
    mauliate atas kunjungannya ke sini, sering2 ya singgah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s