todays: Engkau Tuhan telah menjadi pertolonganku [Mzm. 63, 8]

Sungguh Engkau telah menjadi pertolonganku, dan dalam naungan sayap-Mu aku bersorak-sorai [Mazmur 63, 8]

Mari kita memikirkan bahwa kasih Tuhan itu adalah gambaran penyertaan dan ketenangan dalam hidup kita. Adakah saat yang paling menegangkan dalam kehidupan kita dari pada ketegangan [tensions] seperti ini : Jika Anda harus melakukan sesuatu, tetapi pada saat yang sama Anda sadar tidak mampu melakukannya ?
Saya berusaha googling tentang terms and conditions apply atau terms and conditions applied ? Tahukah Anda jika jawabannya bisa beragam. Ada yang mengatakan kita kata “applied” dipakai itu berarti sudah lampau, maka syarat dan ketentuan itu sekarang seyogyanya tidak berlaku lagi. Maka lebih tepat mengenakan “apply”, karena itu selalu berarti bahwa syarat dan ketentuan – misalnya untuk marketing sebuah produk atau promo – masih berlaku. Tentang ini ternyata yang paling banyak dipilih orang adalah “apply” dengan berharap bahwa sampai sekarang syarat dan ketentuan itu masih tetap berlaku.
Nah, jika untuk urusan itu orang bersusah payah menerapkannya; bagaimana dengan iman kekristenan kita ?
Di sini dikatakan, Engkau Tuhan telah menjadi pertolonganku. Setiap kali orang Israel memandang ke gunung Allah, mereka tahu bahwa dari situ mereka berharap kepada Tuhan, sebagai gunung batu pertolongan dan perlindungan bagi mereka [Mzm. 126]. Kata “telah” disini selain berarti waktu yang lampau, ini juga berarti bentuk waktu sekarang : kini dan seterusnya. Maka “Engkau telah menjadi pertolonganku” dibaca menjadi Tuhan menjadi pertolonganku setiap waktu, sebagaimana Dia sedia kala, sekarang dan untuk selama-lamanya [bnd. Tuhan Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan besok; 1 Petrus 3, 8].

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s