todays: Tuhanlah Pengadil Atas Kita [Mazmur 90, 8]

“Engkau menaruh kesalahan kami di hadapan-Mu,
dan dosa kami yang tersembunyi dalam cahaya wajah-Mu” [Mazmur 90, 8]

Hari-hari ini kita bersyukur kepada Tuhan karena penyertaannya kepada kita semua, bangsa Indonesia yang baru saja menyaksikan berakhirnya hasil penghitungan akhir Pilpres 2014. Jokowi telah menetapkan salam tiga jari, persatuan Indonesia sebagai emblem baru kita menuju kemajuan dan kesejahteraan sebagai bangsa.
Beberapa hari lalu ada seorang ibu yang mengkhawatirkan anaknya yang baru akan pulang ujian masuk ke Perguruan Tinggi di Yogyakarta, pulangnya naik kereta api. Kita tentu mengerti kecemasan si ibu itu tentang isu-isu yang belakangan terdengar tentang kerusuhan pasca penghitungan akhir pilpres 2014. Puji Tuhan sampai waktu terakhir, saya kira para negarawan kita menunjukkan sikap yang takut akan Tuhan dengan tetap memelihara kedamaian dan persatuan di antara kita.
**
Nas hari ini sendiri adalah semata-mata ungkapan iman seorang pemazmur, memang kita adalah pendosa. Sesuatu dosa yang kita lakukan seberapa kecil Tuhan tidak akan melupakannya atau mengabaikannya, sebab dari situ kita tahu dosa-dosa yang dianggap kecil dan remeh mengarah kepada dosa besar dan kematian. Itulah sebabnya dikatakan disini, tidak ada sesuatu yang tersembunyi di hadapan Tuhan kita.
Dia-lah pengadil atas dosa-dosa kita. Itu mengingatkan kita bahwa memang dosa adalah fakta. BUkan hanya karena tindakan dan perlakuan dosa yang kita perbuat, tetapi juga adalah status kita yang adalah pendosa. Tetapi puji Tuhan, bahwa Tuhan mengasihi kita sehingga dosa sebesar apapun tidak dapat menghalangi cahaya kasih dan penyertaan-Nya atas hidup kita.
Maka janganlah kita menganggap sepi pengasihan itu. Janganlah ada di antara kita yang berbalik dan mengignore kasih karunia itu.

Doa :
Ya Tuhan, kami puji nama-Mu Tuhan di atas segala tuan dan pemimpin yang ada di dunia ini. Tuntunlah kami dalam hidup kami setia kepada-Mu, dan berjanji untuk menghindarkan dosa.
Tuhan, hari ini jemaatMu memberangkatkan 4 [empat] orang naposobulung mewakili jemaat ini mengikuti Cristival Youth Rally HKBP 2014 di Seminarium Sipoholon. Biarlah acara dan kegiatan disana berlangsung dengan baik, sesuai kehendak-Mu mempersiapkan generasi muda di jemaat-Mu dimana pun di dunia ini.
Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s