todays: Janganlah Memeras Sesamamu Manusia [Imamat 19, 13]

“Janganlah engkau memeras sesamamu manusia dan janganlah engkau merampas; janganlah kau tahan upah seorang pekerja harian sampai besok harinya” [Imamat 19, 13]

Hukum keimamaman tentang keadilan ini sudah berlaku di tengah-tengah orang Israel sejak lama. Rupanya sering terjadi bahwa ada orang yang menahan-nahan upah pekerja harian yang bekerja untuk sehari dan baru dibayarkan kemudian esok atau lusanya. Sehingga dengan demikian nafkahnya tertunda satu hari, karena mereka yang bekerja harian sangat tergantung pada penghasilannya hari ini.
Nah, ayat ini adalah sapaan bagi kita untuk menjadi kepada sesama. Betapa banyak kali terjadi ada orang yang seperti tidak punya hati nurani mempermainkan hak orang lain.
Janganlah kita kedapatan memeras sesama manusia, sebab mereka juga berharga di mata Tuhan. Maka apa yang berharga bagi Tuhan, kita juga harus menghargainya. Bukan sebaliknya, apa yang tidak berkenan kepada Tuhan kadang-kadang begitu berharga bagi kita.
Ini tentu semacam kesadaran dari kita bersama untuk memperhatikan sesama. Jika ini dimulai dari rumah kita, yaitu pendidikan kepada anak-anak kita, maka ini tentu akan sangat berharga bagi mereka di kemudian hari.
Dalam sebuah catatan Alkitab, Tuhan berkata bahkan mereka yang tidak mampu lagi bersuara dan habis suaranya dibungkam oleh Tuhan, orang-orang seperti itu jeritannya pun sampai kepada Tuhan. Darah Habel, yang tertumpah di bumi itu kemudian berseru-seru kepada Tuhan Allah; dan Tuhan mendengarnya. Tuhan sendiri akan menjadi pembela mereka, dan Dia akan menuntut kepada setiap orang yang menindas dan menganiaya sesamanya [bnd. Lukas 11, 51].

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s