todays: Karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil [Lk 10, 21]

Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu [Lukas 10, 21]

Cerita tentang kesungguhan Pdt Tumpak Siahaan, STh [HKBP Duren Jaya] mungkin adalah berita yang belum banyak diketahui orang. Paling tidak ini merangsang kita selalu untuk memperhatikan orang-orang miskin dan yang terlupakan.
Hingga saat ini pendeta tersebut telah berhasil “mengelilingi” tempat-tempat yang selama ini belum tersentuh oleh pelayanan di gereja. Di daerah Duren Jaya, Bekasi beliau sudah tahu seluk beluk dari setiap kehidupan warganya. Hampir tidak ada warga jemaatnya yang tidak ia kenal : mulai dari anak-anak sampai lansia. Oh, ini menjadi penyemangat tentang kehadiran gereja di tengah-tengah orang kecil dan terpinggirkan.
Kita cenderung memperhatikan hanya orang yang pintar, yang kaya dan berkuasa. Kelihatannya lebih mudah menghormati orang yang sudah hormat, yang kaya dan orang yang paling tidak sederajat dengan kita. Kita mengharapkan ada pamrih jika kita menghormati dan membantu yang kaya dan pintar.
Maka firman hari ini bahkan menyuarakan tentang keberpihakan Tuhan Allah kepada orang miskin, yang susah dan terpinggirkan. Allah sendiri melakukannya. Sejak awal ini menjadi ajaran Alkitab yang konsisten yang diberikan bagi kita. Inilah kehendak Allah, memperhatikan setiap orang miskin dan yang kecil di sekitar kita. Itulah kegembiraan dan sukacita dari Tuhan Yesus sendiri.

 

Suka dan Duka : Hari-hari ini kita berduka atas meninggalnya Amang St Jafendi Purba [57 Tahun]. Kiranya Tuhan menguatkan semua keluarga, terutama anak-anak yang ditinggalkannya. Doa kita juga untuk kepulihan dan kekuatan dari Inang Br Rumahorbo, yang sekarang tetap dirawat di Angkatan Laut. Mereka adalah korban dari kecelakaan KRL yang menabrak mobil mereka di Pejompongan pada Selasa 3/6 kemarin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s