todays: O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! [Roma 11, 33]

O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! [Roma 11, 33]

Dua kalimat ini adalah pujian dari rasul Paulus mengakhiri penjelasan yang paling sistematis dari rencana keselamatan Allah dalam kitab Roma. Kitab Roma adalah salah satu kitab yang paling agung dalam menjelaskan rangkaian dari penjelasan iman kepercayaan kita tentang mulai dunia dijadikan hingga kedatangan Kristus kedua kali untuk menghakimi semua orang yang hidup dan mati.
Di hari-hari ini saya sendiri mulai merenungkan betapa sulitnya menyampaikan hal-hal yang penting dalam beberapa kalimat yang pendek saja. Betapa sulitnya mengutarakan sesuatu yang sangat perlu hanya dalam beberapa patah kata; karena kita selalu tergoda untuk berpanjang dan berlebar kata. Lihatlah, orang-orang yang menyampaikan kata penghiburan, kata-kata peneguhan memang selalu kita tergoda untuk berpanjang lebar!
Tetapi sekarang Paulus memberi contoh kepada kita :

“O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?
Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?
Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” [Roma 11, 33-36]

Kalimat-kalimat itu telah menyampaikan sesuatu yang mendalam dan luas sekali, hingga tak terhingga untuk menggambarkan kuasa dan kemuliaan Tuhan Allah kita.
Karena kecemaran oleh dosa, karena pengaruh dosa atas diri manusia mungkin nasehat ini berlaku untuk kita semua : Makin sedikit kita berbicara, maka semakin sedikit kemungkinan kita menjadi salah ! Bukan!? Baiklah kita belajar dari alkitab sebagai sumber pengajaran dan sumber hikmat untuk kita berbicara kepada sesama, dan memuji Tuhan kita. Kiranya bertambah-tambahlah dalam anugerah dan pengertian kita akan Kristus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s