todays: aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati [Yosua 14, 8]

Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati bangsa itu, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati [Yosua 14, 8]

Inilah pernyataan dari seorang muda, yang dipersiapkan Tuhan sejak lama menjadi orang-orang yang menguatkan hati bangsa itu. Dialah Kaleb bin Yefune itu, yang bersama-sama dengan Yosua- hanya merekalah, keduanyalah yang sampai ke negeri perjanjian. Ribuan atau jutaan orang Israel lainnya tidak sampai ke negeri baru karena mereka memberontak kepada Tuhan dan mati di padang gurun.
Pada saat perjalanan itu, ada 12 orang dari tiap suku disuruh Musa untuk mengintai negeri Hebron, dan diantara mereka adalah Kaleb dari suku Yehuda dan Yosua dari suku Efraim [Bilangan 13, 1-16]. Mari kita lihat, dari merekalah kemudian datang pemimpin, dari kedua belas orang yang memang dipanggil untuk mengintai negeri yang akan mereka duduki. Tidak ada jalan lain, para pemimpin bangkit dari tengah orang-orang yang setia mengikuti Tuhan saja. Allah memakai cara-cara yang kelihatannya mudah ditebak, membangkitkan para pemimpin dengan ujian-ujian yang berat. Dan ternyatalah bahwa Yosua dan Keleb menjadi pemimpin bangsa itu.
Ujian akan menghadang, tetapi mereka yang tetap setia mengikuti Tuhan akan mendapat upahnya.
Kaleb-lah yang menguatkan hati bangsa itu, saat beberapa orang mengatakan bahwa tanah Hebron itu kuat tembok-temboknya, dan orang yang tinggal disana adalah raksasa-raksasa. Rupanya timbullah gentar di dalam hati mereka berperang kepada orang Hebron itu; tetapi berdirilah Kaleb dan menguatkan hati bangsa itu, supaya mereka tidak lupa Allah-lah yang berperang menaklukkan bangsa itu.
Demikianlah ternyata, Allah memberikan negeri itu kepada mereka. Dan secara khusus keturunan Kaleb tinggal disana, di Hebron diam dengan damai dan tiada perang disitu [Yosua 14, 13-15].

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s