Todays: Tidak Tampak Yang Kelihatan ! [Roma 1, 20]

Betapa tidak mengenakkan bukan saat kita akan menghadap seseorang pimpinan atau manager sebuah perusahaan. Ruangan itu dilingkupi oleh kaca yang tidak bisa kita tembus waktu kita melihat. Tetapi kita tahu kemudian bahwa orang yang berada di dalam ruangan itu bisa melihat orang yang berada di luar. Sehingga dia tahu siapa yang akan datang dan mendekat. Tetapi kita tidak tahu gerak gerik orang yang berada di ruangan itu. Tetapi kita harus masuk bukan!? Itu namanya kaca manager.
Demikianlah keberadaan kita di hadapan Allah. Kita tidak bisa melihat Allah, karena memang Allah bukanlah materi. Kita yang adalah materi karena memang kita adalah buatan Allah. Itulah yang disebut kaca rohani.
Maka kemanakah kita, manusia akan menyembunyikan diri sehingga terlepas dari pandangan Tuhan Allah !? Tidak ada! Tiada tempat yang tersembunyi dan terlalu jauh dari pandangan Tuhan. Marilah kita menyadari Tuhan sedang mengawasi kita. Tidak bisa kita lari dari keadaan itu.
Allah itu ada! Tuhan itu exist!
Immanuel Kant pada abad lalu pernah memikirkan ini. Katanya, Di dalam dunia ini ada dua hal yang membuat aku semakin kaget. Yang pertama, Langit yang penuh dengan bintang. Kedua, hati nuraniku yang terus menerus bersuara kapadaku.
Maksudnya, Allah berada dibuktikan dengan dua kenyataan ini yang terus menerus bersaksi kepada kita. Alam ini, semesta semua ciptaan membuktikan bahwa Allah ada. Jadi ciptaan-Nya membuktikan bahwa Ia tidak tampak tetapi kelihatan. Demikianl juga dengan hati nurani kita yang tidak henti-henti bersuara kepada kita. Inilah intuisi. Inilah hati kecil, bahwa memang itu ada. Itulah kenapa disebutkan, manusia tidak bisa berdalih.
Semua ini membuktikan tema pokok dari Kitab Roma fasal 1, yaitu from faith to faith. Karena from faith to faith, maka nothing to do wih physical theory.. nothing to do with science. Jadi hanya karena iman kita tahu Tuhan sedang mengawasi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s