SMART IN SELLING

SMART IN SELLING
JAMES GWEE LEARNING – SMART FM
have a fantastic day!!

1.Use Names. Sebutkan nama kostumer anda saat anda berbicara dengan pelanggan tsb ini memudahkan hubungan kita dengan pelanggan kita. Sekali lagi kita tidak akan bilang, “itu loh, Bapak yang rambutnya panjang”, dll
2. Watch Body Language; artinya perhatikan bahasa tubuh sehingga akan ada interaksi dengan konsumer secara keseluruhan. Bukan watch isolated body language tetapi secara keseluruhan developed picture.
Tapi jangan terpaku dengan body language; sebab banyak orang dilatih menjadi Poker Face.
Dalam permainan kartu kan lawan memperhatikan ekspresi wajah kita untuk mengintip dan mengetahui kartu kita. Ada orang yang dilatih menipu; misalnya kartu bagus tapi ekspresinya sedih. Tapi jangan salah, poker face dapat juga berarti “Tanpa Ekspresi”. Artinya ada orang yang kalah tanpa ekspresi, mau menang, bahkan sesudah menang juga tanpa ekspresi di wajahnya.
3. Show That You Listening melalui ekspresi wajah, body language kita, dll
not only hearing Misalnya, kita mungkin mendengar, but with the same time we writing down. jadi perasaan lawan bicara kita tidakspenuhnyamenganggap kita mendengarkannya. Atau cth yg paling banyak, kita mungkin mendengar tapi sambil membaca sms; nah, kan pelanggan akan bilang udah ah, sms ajalahdulu.
listen with your whole body.

Ada orang yang kelihatannya mendengar, tpi sebesrnya sibukdengan pekerjaan/kegitan lainnya.
listen with your heart : memiliki 2 makna, yaitu listen dan juga listen with your body. misalnya, dengan ekspresi mimik atau juga tatapan mata dlsb. show that your listening

4. Be Interested. Cari tahu pribadi sang kostumer; artinya mencari tahu apa yang diinginkannya, masalahnya dlsb
5. Talk Positive & knstruktif. Jangan ngomnong negatif dengan kostumer dlsb.
6. Mirroring The Other People. Misalnya jika konsumer sedang membicarakan emosinya sekarang sedih atau gembira kita harus berusaha mengikutinya menyelaraskannya. Dengan demikian kita mencerminkan cara, sikap dan perubahan di diri kostumer kita. Misalnya, kita tidak mungkin berbicara dengan seseorang yang kelihatannya sedang berfikir dlsb.
7. Be Warm And Friendly; nilai hospitality, keramahtamahan. Namun jga penting diingat spy jangan kita mengada-ada, dlsb.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s