Four ‘I’ : INVESTMENT, INDUSTRIALIZATION, INDIVIDUALISM & INFORMATION

Empat “I”, dikemukan Michio Omae sebagaimana Pdt Nelson Siregar :

1. Investment. Banyaknya usaha dalam investasi, apalagi investasi antar negara dan borderless. Siapa saja bisa berinvestasi; dan mereka kelihatannya tidak memerlukan regulasi dan jaminan keamanan dari pemerintah negara setempat. Bahkan, regulasi dan peraturan dikelola mereka sehingga membantu usaha investasi mereka.

Misalnya, kita belanja dan dihantam habis-habisan secara bombastis dengan iklan dan diskon harga Ramayana Pematangsiantar. Tapi kita tidak tahu siapa pemilik supermarket dan stockholder-nya; apakah operasional small retail itu atau apa sajalah membagi hasil usahanya demi kemakmuran masyarakat luas.

2.Individualisme. Roh zaman ini memang mengarahkan manusia sebagai makhluk individu dengan interaksi maya; tiada lagi interaksi secara pribadi dengan pribadi. Insan maya itu cukup berhadap-hadapan dengan laptop-nya dan semua urusannya beres : m-banking; m-blog; dll.

3. Industrialisasi. Pekerjaan yang awalnya dikerjakan lebih kurang 10 orang, kini hanya dikerjkan 2 orang dengan bantuan mesin dan teknologi. Industrialisasi memang menyebabkan unemployment semakin luas. Interaksi manuusia pada sisi lainnya mendapat pengaruh dengan industrialisasi dan aspeknya.

4. Informasi. Siapa dapat menguasai informasi dialah yang berperan besar dalam bisnis. Sisi lainnya juga perlu diperhatikan,agar informasi seimbang dan menyeluruh. Jagan ada kekacauan informasi, misalnya informasi digital.

Keempat “I” itu kini ada di sekitar kita, dan kelihatannya tidak mungkin menghambatnya secara keseluruhan. Bagaimana menanggapinya secara arif, agar sebaliknya 4I menjadi pendorong perikemanusiaan.**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s