todays: Tuhan menjadikan tiang awan pada sian hari, dan tiang api pada malam hari; sehingga mereka bisa berjalan siang dan malam [Kel. 13,21]

TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam [Keluaran 13, 21]

Apakah makna tuntunan Tuhan kepada umat-Nya ini disebutkan pada masa-masa sengsara Tuhan Yesus !?
Mengapa arti tuntunan Tuhan begitu penting, pada saat kita mengenang dan menghayati penderitaan Tuhan Yesus Kristus sampai mati di kayu salib ?
Tentu mengenang perjalanan orang Israel dari Mesir juga adalah sebuah peringatan bagi kita. Pada waktu itu diperkirakan ada sekitar 600 ribu lak-laki, ditambah istrinya berarti 1,2 juta. Kalau diasumsikan mereka bersama-sama dengan anak-anak mereka, maka tidak kurang jumlah mereka adalah 2 juta jiwa.
Bayangkan! Dua juta jiwa dalam sebuah arak-arakan. Siapa yang bisa memimpin perjalanan – berjalan kaki, seperti sebuah parade atau pawai massal, itulah peristiwa emigrasi yang terbesar dicatat Alkitab. Siapakah manusia yang mampu memimpin orang sebegitu banyak, lagi pula arak-arakan mereka itu beserta dengan kawanan ternak mereka. Wallahu..!
Maka hanya Tuhan! Hanya Tuhan yang mampu dan berkuasa memimpin orang Israel itu dalam perjalanan mereka. Tuhan-lah yang empunya dan berkuasa atas pilihan-Nya itu. Maka disini disebutkan Ia tetap menuntun mereka melalui tiang awan dan tiang api, sehingga mereka bisa tetap berjalan siang dan malam.
Ini adalah menghunjuk pada pengorbanan Tuhan Yesus Kristus di kayu. Ia seakan menudungi manusia dari ketidakmampuannya, kebodohan dan dosa-dosanya; supaya mereka mendapat secercah arah kemana mereka harus berjalan untuk sampai ke negeri yang diberikan Tuhan.
Betapa sering kita tidak menyadari tuntunan Tuhan, sehingga kita alpa untuk mengucap syukur kepada Dia atas semua pengorbanan dan penderitaan yang harus Ia hadapi hanya supaya kita bisa berjalan terus menerus – siang dan malam – pada saat terang dan kelam ada di depan kita.

Easter Monday
Easter Monday is the day after Easter Sunday and is …
Easter Bunny
The Easter Bunny (also called the Easter Rabbit or Easter Hare) is …
Easter egg
The custom of the Easter egg, however, originated in the early …
Ēostre
Ēostre or Ostara (Northumbrian Old English: Ēostre; West Saxon

Find Info on easter
easter.com‎
Find Info, News and More about easter

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s