todays: Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah, semua orang yang mencintainya! [Yes. 66, 10]

Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua orang yang mencintainya ! Bergiranglah bersama-sama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya [Yesaya 66, 10]

Suka dan duka dalam kehidupan adalah dua hal yang paradoks. Hari saat dimana kita bersukacita karena kelahiran seorang anak adalah suka karena kedatangannya ke dunia ini; menjadi manusia seutuhnya setelah 9 bulan dikandung. Saat berdukacita,

pada hari lain adalah hari dimana seseorang tertawa karena sudah mengakhiri pertandingannya di dunia ini; sedang semua orang sedang menangis dan meratap karena kepergiannya. Itu terjadi setiap hari. Tetap ada sukacita dan dukacita. Selalu seperti itu.
Apakah maksudnya firman Tuhan ini menyapa kita ? Bergiranglah bersama-sama dengan dia, segirang-girangnya!? Segirang apakah kiranya kegirangan karena sukacita itu !?
Tak ada yang dapat melukiskannya, bahkan dengan pengertian yang paling dalam pun, sukacita jenis apa yang membuat kita segirang-girangnya ? Ini pasti jenis kegirangan dari sorga. Tak ada yang bisa menjelaskannya kepada kita, karena memang terlalu murni untuk dipengaruhi hanya karena sukses dalam pekerjaan, berhasil dalam usaha atau sekadar memenangkan sebuah pertandingan. Itulah sebabnya, alkitab berkata “Semua yang tidak pernah kita lihat, yang tidak pernah kita dengar dan sesuatu yang tidak pernah timbul dalam hati disediakan Tuhan Allah bagi mereka yang mengasihi Dia!” [1 Korintus 2, 9].
Tetapi Allah memberikan perasaan itu, sejumput sukacita dan kegirangan melalui sukses, kelancaran dan lain-lain berkat Tuhan sebagai pendahuluan atas sukacita sejati itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s