todays: Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman [Yohanes 16:8]

Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman [Yohanes 16:8]

Kata menginsafkan, sebenarnya lebih tepat ditemukan dalam bahasa Inggris sebagai “reprove” yaitu conviction atau awaken, membuktikan secara lebih terang, membuktikan kembali [betapa benar] tentang sesuatu. Dalam bahasa Batak ia lebih berarti “mengajarkan”. Jadi datangnya Roh Kudus, yaitu Roh Penghibur ke dalam dunia adalah untuk mengajar, menyatakannya lebih sebagai sebuah ajaran baru dan mendasar tentang dosa, kebenaran dan penghakiman. Kita tidak bisa bangkit datang kepada Bapa, dengan diri kita sendiri. Manusia tidak sadar bahwa dia di dalam dosa, dan selalu memberontak kepada Allah dan membuat kita semakin jauh dari Allah. Maka diutusnya oknum ketiga dari Tritunggal itu adalah sebuah karunia bagi orang percaya. Hal ini dikatakan Tuhan Yesus saat Ia sendiri akan menyelesaikan tugas-Nya di dunia. Maka mengutus Roh Kudus adalah karunia besar bagi gereja sepanjang masa, setelah Yesus selama di dunia dalam daging. Roh Kudus menjadi sumber penghiburan sejati dan paling besar dalam hidup manusia. Tidak ada pekerjaan yang begitu besar dikerjakan oleh para pemberita firman yaitu rasul dan para penginjil tanpa kekuatan dari Roh Penghibur. Bahwa dosa sudah ada sejak kejatuhan manusia, maka sekarang bagaimana orang memiliki kepekaan yang besar akan bahaya dosa dan bisa menghindarinya. Inilah pekerjaan Roh Kudus. Ia tidak membuatnya menjadi semakin tipis atau lemah, tetapi menguatkan hati manusia spy manusia tahu mana yang harus diperbuatnya. Maka itulah pekerjaan besar dan terus menerus dari Roh Kudus.
Bahwa Roh Kudus sudah dan tetap bekerja, tinggallah kita melakukan bagian yang menjadi tugas kita. Maka tugas kita adalah mau menerima kehadiran Roh Kudus, mempersilahkan Ia menempati dan menguasai akal dan budi kita. Bukan untuk menyederhanakan, tetapi salah satu wujud kita mau menerima kehadiran-Nya adalah mau peka mendengarkan suara-suara kebenaran yang datang dari hati yang kita percaya. Inilah tugas kita sekarang.

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s