todays: Berbahagia Orang Yang Bermurah Hati.. [Matius 5, 7]

Berbagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan! [Matius 5,7]

Ada pepatah engatakan, “A friend in need is a friend indeed”. Teman yang sejati adalah teman yang ada pada saat kita membutuhkannya – terutama pada saat kita mengalami kesusahan. Ada banyak teman pada saat kita senang dan sejahtera, tetapi tidak pada saat kita mengalami kesusahan dan penderitaan. Ini mengingatkan bahwa ada teman sejati, yang mau ikut merasakan penderitaan kita. Maka teman sejati adalah teman sependeritaan.
Nas hari ini menjelaskan kepada kita bahwa orang yang bermurah hati adalah orang yang berbahagia, karena mereka akan mendapat kemurahan. Terjemahan dalam bahasa Indonesia di dalam Alkitab LAI memang kurang tepat, karena dikatakan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang murah hatinya, bukan hanya perasaan pity, iba dan kasihan sehingga cepat-cepat merogoh sakunya untuk menolong sesama. Meski itu baik, itu baik tetapi bukan itu yang menjadi maksud utama dari ayat ini.
Maka ada pengertian yang lebih limpah dari kata ‘elemones’ dalam bahasa Yunani. Elemones, bukan hanya sebatas pity atau merciful tetapi mesti berakar pada hingga sampai pada simpati – sympathetic. syn= sama-sama dan paschein berarti menderita. Jadi simpati berarti merasa, merasakan penderitaan bersama dengan orang yang menderita. Itulah sebabnya keikutsertaan seseorag terhadap sesama adalah suatu kebajikan. Bukankah saat kita ikut memperhatikan sesama, memberikan perhatian dan kepedulian yang sungguh seperti itu seperti mengeluarkan energi yang bukan mengkonsume hidup dan semangat cinta kasih; tetapi justru mengasah kepekaan dan kepedulian yang makin tajam setiap kali kita simpati. Bukan mengkonsume cinta kasih di dalam diri kita, tetapi justru mengkonsumasi -consummation kasih sehingga semakin penuh, semakin limpah dalam kita. Itulah mendapat kemurahan.

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s