todays: Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN .. [Kej. 18,19]

Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya [Kejadian 18:19]

Perikop ini adalah bagian dimana Abraham itu berdoa untuk orang-orang yang berdiam di Sodom Gomora. Dosa-dosa bangsa itu telah membuat Tuhan murka,

karena kecenderungan mereka hanyalah berbuat dosa dan kejahatan yang keji.
Seolah tawar menawar dengan Tuhan Allah, Abraham berdoa apakah jika ada 50 orang saja yang tetap hidup menurut jalan Tuhan, semua kota akan tetap dihancurkan ? Tidak, kata Tuhan Allah jika saja ada segitu orang yang percaya kepada-Nya. Lalu, Abraham berfikir jika saja ada 45 orang. Tuhan mengampuni, kata Tuhan. Sampai 40 orang, sampai kepada 30 orang Abraham memberanikan diri apakah Tuhan akan tetap melalukan hukum kepada bangsa itu ? Tuhan bilang, jika ada 30 orang saja maka Aku akan mengampuni mereka kata Tuhan Allah. Akhirnya, 20 hingga tawaran terakhir adalah 10. Andai saja ada 10 orang yang beriman kepada Tuhan maka Tuhan Allah tidak akan menghukumnya.
Tetapi, kita tahu akhirnya tak ada 10 orang – hanya Lot dan keluarganya yang percaya kepada Tuhan. Maka Allah menghukum kota yang bejat itu.
Saudara, Tuhan telah menetapkan Abraham sebagai bapak bagi banyak bangsa, dan itulah arti namanya yang berubah dari Abram menjadi Abraham. Ia dipilih menjadi teladan bagi banyak bapa, orang tua di dunia ini. Renungan ini paling tidak mengingatkan kita, betapa orang yang diperkenan Allah harus mengusahakan suatu teladan yang baik untuk generasi berikutnya. Mereka adalah orang-orang yang mau berkorban bagi orang lain. Bukan hanya mementingkan diri sendiri, kepentingan sendiri dan hidup egois. Kapankah kita menjadi penolong, menjadi tangan yang membantu sesama yang menolong, menguatkan dan membela mereka !?
Apa yang dilakukan Abraham dengan sesungguhnya itu menjadi teladan juga bagi kita pada saat ini; untuk mau berkorban meneruskan segala ajaran dan perintah Tuhan yang harus diikuti oleh orang-orang sesudah dia.

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s