todays: Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik.. [1 Tess. 5, 15]

Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang [1 Tessalonika 5:15]

Masihkah pesan moral seperti ini begitu berarti bagi kita orang Kristen ? Menurut saya hal ini harus tetap terngiang di telinga kita, usahakanlah senantiasa yang baik! Usahakan dan biasakanlah senantiasa yang baik. Kata “baik” ini, meski sudah mengalami penurunan makna, tetapi kita mempunyai definisi kebaikan sebagai sesuatu yang murni, yang tulus dari hati seseorang. Itulah sebabnya kita selalu berdoa kepada Allah, Bapa kita yaitu sumber dari segala yang baik, yang indah, yang murni yang datang dari atas.
Asal kita dengan tulus dan murni hati melakukan dan mengusahakannya, maka ini tentu menjadi berkat kepada yang lain. Kalau kita punya macam motivasi seperti ini tentu kita akan lebih sabar dan mempunyai hati yang lapang melihat orang lain yang kelihatannya dikuasai oleh dendam, iri hati dan macam-macam perasaan yang hanya merugikan diri sendiri. Karena telusur punya telusur, orang yang paling menjadi korban dari dendam dan kebencian adalah diri kita sendiri. Jadi bukan orang lain, bukan lawan kita; tetapi adalah diri kita sendiri yang mengkonsume banyak sukacita dan semangat dalam hidup kita. Betapa pun kita berfikir apa yang kita lakukan sekarang sangat logis, sangat masuk akal! Tapi cukuplah itu. Berhentilah membenci dan mendendam atau mengiri kepada yang lain. Itu hanya menjadi pembunuhan berencana untuk diri sendiri; pembunuhan untuk mati pelan-pelan.
Maka, perhatikanlah berarti awas dan hati-hati setiap kali bagi kita supaya punya hati seluas samudera – selebar daratan luas demikianlah kita hidup di dalam mengusahakan yang baik; yang sopan, yang membangun dan saling menguatkan.

Happy Weekend, Pdt Bakti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s