todays 58 : Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita [1 Petrus 1, 6]

Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan [1 Petrus 1, 6]

Mengapakah orang Kristen patut bergembira meskipun dalam pencobaan ?
Pertama-tama, seperti yang kita tahu surat kiriman rasul Petrus ini ditujukan kepada orang percaya yang pertama-tama yang sedang mengalami pencobaan karena penganiayaan dari Kaisar Nero. Banyak orang Kristen yang menderita diusir dari rumahnya karena mereka mengaku percaya kepada Yesus Kristus. Keluarga-keluarga terpisah satu sama lain, karena adanya semacam razia, diskriminasi, pelecehan dan ketidakadilan kepada orang Kristen. Banyak pula orang menjadi martir disebutkan pada masa ini. Kaisar Nero telah menuduh orang Kristen membakar kota Romawi, hanya karena dia ingin membangun kota itu sesuai dengan keinginannya sendiri.
Namun Rasul Petrus yang sendiri ikut dalam penganiayaan itu memberikan suatu pengharapan. Dia ikut memberitakan injil kepada mereka bukan hanya dengan suratnya, bahkan dia sendiri menurut tradisi harus mati disalibkan dengan kepala sungsang. Itulah sebabnya rasul itu disebut rasul pengharapan. Dalam kesusahan ada pengharapan! Dimana tidak ada lagi kiranya pengharapan – ke kiri, kanan, belakang dan depan – masih ada satu arah yang tidak boleh kita lupakan, yaitu ke atas !
Menengadah ke atas, meminta pertolongan kepada Tuhan adalah satu keputusan penting bagi orang percaya daripada hanya berharap kepada dunia ini. Jadi menderita seketika, tidak mengapa. Tokh, hidup di dunia ini hanyalah suatu percobaan untuk hidup dalam kekekalan. Mungkin, karena itu orang Kristen bahkan mampu bernyanyi di dalam duka, di dalam kematian. Maka, meskipun didera oleh kesulitan dan pencobaan terus menerus, orang Kristen patut bergembira karena pertolongan dari atas, dari Tuhan.
ilov`monday:)

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s