todays 57 : “Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu.. Lukas 6:27-28

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu” Lukas 6:27-28

Mungkinkah!? Mengasihi musuh, mungkinkah itu? Dan apa untungnya bagi kita ? Bukankah yang dinamakan musuh itu harus disingirkan. Kalau ada yang dianggap sebagai musuh, bukankah kalahkan dia atau minimal jangan gubris dia. Itulah pikiran dunia ini. Musuh itu harus langsung dikenali, dan segera dihindari. Manusia menciptakan senjata yang paling canggih untuk menaklukkan musuh. Radar dipasang untuk mendeteksi adanya musuh.
Kita juga punya senjata kebencian, sungkan kepada yang menjadi musuh kita. Kalau bisa kita kalahkan, setidaknya kalau tidak bisa jangan anggap dia ada. Inilah tipikal dunia.
Tetapi Tuhan berkata, kasihilah musuhmu! Berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu.. Hhh, bukankah ini kelihatan absurd di jaman ini. Bagaimana mungkin mengasihi musuh, apalagi berbuat baik kepada orang yang membenci kita. Tapi inilah tuntutan bagi orang percaya untuk tidak serupa dengan dunia ini. Mana ada ajaran di dunia ini sejelas ini? Mengasihi musuh, berbuat baik bagi mereka ! Ini menjungkirbalikkan kesadaran manusia. Bahwa jika kita hanya bisa membenci orang yang membenci dan menjelek-jelekkan kita, lalu siapakah korban yang paling besar !? Tidak ada, selain diri kita sendiri. Energi kebencian dan dendam menggerogoti begitu banyak sel-sel kehidupan kita. Perasaan seperti itu mengkonsume banyak energi hidup kita, sehingga tak ada kesukaan disitu dan roh penerimaan.
Tuhan tidak hanya mengatakannya, Dia juga melakukannya saat Dia berdoa bagi mereka kepada Bapa-Nya, “Bapa, ampunilah mereka, sebab tidak tahu apa yang mereka perbuat!”
Jadi bagaimana !? Bisakah, mungkinkah. Daripada hanya bertanya-tanya, fikir-fikir terus lebih baik dimulai dari sekarang dan dari diri sendiri hari ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s