todays 51 : Mereka tidak mengenal Dia.. [Lukas 24, 15-16]

Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar fikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia [Lukas 24, 15-16] 

Kisah perjalanan dua orang murid yang berjalan ke Emmaus ini adalah kisah yang sangat inspiratif untuk semua orang yang ingin mencari Tuhan. Kedua murid itu menggambarkan perjalanan kita yang terus menerus untuk mencari dan mengerti tentang pekerjaan Tuhan ? Setelah kejadian luar biasa terjadi, seperti kedua murid maka kita tercengang, bingung dan kadang kala tidak bisa melihat dengan jelas karena hal-hal itu mengguncangkan kita.

Apakah yang menghalangi mata mereka ? Siapakah yang membuat mereka terhalang untuk mengenal Tuhan Yesus ? Tentu keadaan hati merekalah yang menmbuat mereka begitu sukar mengenali Yesus dalam perjalanan itu. Sesuatu keadaan hati itulah yang kemudian juga membuat mereka berkobar-kobar hatinya mendengar Yesus menjelaskan segala sesuatu mulai buku Musa hingga kitab para nabi. Mereka hanya mengerti itu sebagai fenomena, bukan esensi. Mereka hanya terpaku pada peristiwa-peristiwa, tetapi tidak melihat bahwa semuanya itu sudah dikatakan dalam kitab suci. 

Memang kita perlu memiliki mata rohani yang lebih tajam dan awas, untuk bisa melihat apakah hal yang paling utama dan penting. Kita melihat banyak fenomena, kejadian dan laku yang bahkan kelihatannya baru sama sekali; tetapi ternyata tidak. Jadi marilah kita meminta kekuatan kepada Tuhan untuk bisa melihat dan mengerti hal-hal yang esensi, bukan hanya yang kelihatan tetapi apakah maksud Tuhan dalam semua itu. Salam

Berbagi Renungan “todays”

Jika Saudara ingin berbagi serial renungan harian todays ini, Anda dapat mengirimkan nomor Handphone (HP) dari teman, Saudara atau keluarga Anda di kotak di bawah ini.
Saya membagikan serial ini sebagai cara untuk berbagi dalam perenungan yang didasarkan pada Almanak HKBP 2014

©bakti j situmorang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s