todays47 : Hai anakkku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN [Amsal 3, 11]

Hai anakkku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatannya
[Amsal 3, 11]

Seorang murid tahu bahwa saat yang paling penting adalah ujian. Ujian itu semacam menguji semua yang sudah dia pelajari selama ini, sampai dimana dia mengetahui dan memahaminya. Ada anekdot di sekitar ujian ini. Ternyata masa yang paling menegangkan dalam ujian adalah sebelum ujian berlangsung. Biasanya, 30 menit sebelum ujian kita sudah berada di ruang ujian dan kita berdoa disitu. Itu adalah waktu yang genting. Berdoa dengan sungguh-sungguh. Itu waktu yang mendebarkan, apaka soal ujian yang ada sesuai dengan yang kupersiapkan. Apakah yg sudah saya baca berhasil ? Sampai kita mendapati soal-soal ujian, tahulah kita. Apakah itu masuk akal dengan persiapan kita !?
Pelajaran di sekolah akan berakhir. Studi akan mencapai hasil akhir. Tetapi pengajaran dan didikan dari Tuhan tidak akan berakhir. Selama kita hidup peringatannya mengawali kita. Inilah bijaksana dari penulis Amsal Sulaiman ini. Umat Tuhan harus menyadari pentingnya didikan Tuhan : bukan hanya dalam bentuk berkat, tetapi juga didikan Tuhan sebagai yang membuat kita harus melalui kesusahan. Itulah sebabnya Alkitab sering berkata, bahwa yang dikasihi TUHAN dihajarnya. Dipukul, didera dengan berbagai kesulitan. Dia membentuk kita seperti bukan membantu dalam semua. Inilah gerakan roh kudus yang terus menerus dalam hidup kita.
Gerakan roh Kudus jangan ditolak. Harus punya kejelian untuk melihat tuntunan dari Roh Kudus. Nah inilah yang dimaksud dengan didikan dari Tuhan, sebab memang hubungan kita dengan Tuhan adalah hubungan yang spiritual. Spiritual relationship.
Meski kadang-kadang kelihatan tidak masuk akal, jauh dari pertimbangan rasio kita, kita tahu rencana Tuhan itu jauh lebih limpah. Melewati dari semua yang bisa kita fikir dan rencanakan, itulah kehendak Tuhan. Kristuslah mendidik kita.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s