Menjalankan Android OS di Windows Dengan Bluestacks

bluestacksApa sih bluestacks !? WAktu saya puter-puter mencari bagaimana caranya menjalankan BBM (BLackberry MEssenger) di laptop, saya ketemu sama sebuah aplikasi namanya bluestacks.
Nah, maka saya pertama-tama langsung senang, karena mungkin dapat menjalankan BBM ini di laptop (maklum samsung saya yang awal cuman GT p-1000 jadi gak bakalan sampe ke jelly bean 4.1) haha..
Langsung saya download itu aplikasi bluestacks, di situs resmi BlueStacks Play Bigger sebesar 9,77Mb dan kemudian link itu akan mengunduh sendiri proses installing BlueStacks di windows.
Menurut keterangan awal aplikasi ini membutuhkan minimal memory 2GB untuk dapat menjalankannya.

Eh, waktu kita muter-muter lagi untuk menyiasati pemakaian memori sebegitu besar lalu ada aplikasi edit yang disebut dengan Orca. Orca ini rupanya kerjanya berusaha mengatasi penggunaan bluestacks dengan memori di bawah 2GB. Setelah diinstall dan kemudian edit sana sini, download orca berhasil disini.

DAn memang demikianlah, waktu saya pakai Acer yang memorinya gak sampe 2GB wallahu… Aplikasi itu lambat sekali jalannya. Atau mungkin tidak jalan. Loading pertamanya itu sangat menyiksa. Memang, sesudah diinstall di laptop lalu ternyata memang tidak bisa nongol-nongol; BBM jadi ditunda dulu..

Sampai kalau kita pake windows PCs yang minimal punya 2GB memory dan core i3 buktinya langsung jalan. Harga yang dibayar untuk membeli PCs yang core nya minimal i3 saya kira diimbangi dengan kelelasaan kita menggunakan BBM dan aplikasi lainnya dari android OS.

Menurut saya kelebihan Bluestacks :

1. Bisa menjalankan semua aplikasi android play dari android store sebagaimana layaknya kita mengoperasikannya di tablet yang sudah berOS android 4.1 jelly bean

2. Relatif bisa dipakai untuk semua media chat, voice yang ada, misalnya BBM, Whatsapp, Kakao, Skype tanpa harus terhubung dengan operator seluler. Paket yang ditawarkan oleh operator ini kadang-kadang membingungkan dan memang berat juga.

3. Dukungan keyboard fisik PCs atau laptop tentu membuat penulisan teks atau klak klik aplikasi menjadi lebih familiar dan mudah. Selain itu memang i3 menawarkan touch screen, yang bagi saya agak sulit juga mengingat icon di dalamnya tidak begitu besar.

4. Dukungan BLueStacks di Windows tentu membuat kita tidak harus meninggalkan PCs atau laptop. Artinya kita bisa mengerjakan pekerjaan lainnya, browsing mendengar musik atau aktifitas multitask lainnya tanpa harus pencat pencet tuts smartphone atau tablet,

Namun tentu ada beberapa kelemahan atau mungkin kekurangannya :

1. Mau tidak mau untuk menjalankan android di PCs atau laptop dengan BlueStacks tentu harus terhubung terus dengan internet.

2. Bukan mobile seperti tablet atau smartphone lainnya. Karena kita harus berada di tempat tertentu yang pakai Wifi atau disiasati dengan modem yang mobile.

3. Tentu saja waktu yang dipakai melototin PCs atau laptop disini menggunakan BlueStacks lebih daripada yang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s