Roh Kudus Sebagai Roh Penghibur

Yohanes 14, 15-26

Kita memercayai bahwa wujud penyertaan Tuhan Allah kepada semua orang percaya adalah melalui Roh Kudus. Pekerjaan dan Roh Kudus Tuhan Allah-lah yang membuat orang menjadi percaya dan teguh menerima Yesus Kristus menjadi juruselamat bagi kita.

Dalam Perjanjian Lama (PL) istilah yang dipakai untuk Roh Kudus Tuhan Allah adalah kata “ruakh”, artinya “Roh”.  Kata tersebut dipakai 378 kali dalam seluruh PL; misalnya dalam Kejadian 1,2 “Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air”. Kemudian dalam Yehezkiel fasal 37, Ia disebut sebagai “ruakh”, berarti “nafas”, atau “nafas hidup” juga “Roh” (ayat 14). Dalam Yesaya 11, 2 Roh Tuhan Allah disebut sebagai “roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan”.

Dalam Perjanjian Baru dipakai kata “pneuma” untuk menggambarkan Roh Kudus. Ia disebut sebagai “Penolong”, “Roh Kebenaran” (Yoh. 14:16-17) atau “Roh Penghibur” atau Parakletos (Joh. 16:7; Joh. 14:26). Roh Kudus itulah yang dijanjikan Tuhan Yesus, menjadi roh kekuatan, roh kasih dan ketertiban (2 Tim. 1:7). Roh itulah “Roh yang kekal” (Ibr. 9:14), dan Dia juga adalah “Roh kasih karunia” (Ibr. 10:29).

Roh Kudus itu memenuhi hati dan hidup orang percaya, sebagaimana kita lihat dalam peristiwa pencurahan Roh Kudus dalam Kisah Rasul fasal 2. Roh Kudus menguatkan, sehingga berani dan berhikmat dalam memberitakan Injil. Roh Kudus membuat mereka kuat dan tidak malu berbicara kepada orang banyak. Roh Kudus bukannya membuat kesurupan, atau tak sadarkan diri karena in trance, tetapi justru menjadi sadar sesadar-sadarnya. Roh Kudus Tuhan Allah bekerja memampukan orang percaya bisa mengendalikan diri, karena Dia-lah Roh ketertiban itu (2 Tim. 1:7). Ketertiban itu menghadirkan damai di tengah persekutuan orang percaya, sekaligus mencerahkan hati manusia percaya kepada Tuhan.

**

Tuhan Yesus kini berkata kepada para murid, supaya mereka terhibur. Dia tidak akan meninggalkan mereka di dunia ini sebagai yatim piatu, tidak memiliki penuntun. Tetapi Dia sendiri memberikan Roh Kudus sebagai penghibur kepada orang percaya sepanjang masa. Roh Kudus itulah yang menguatkan kita sebagai yang percaya kepada Tuhan. Dia diberikan dalam diri manusia itu, sehingga mendorong dari dalam, menguatkan dari luar dan memimpin dari jauh. Ibarat driver yang ditanam dalam  sebuah komputer, driver itu menjalan sebuah program atau aplikasi. Program apa pun tidak bisa dikenali dan berjalan jika didalamnya tidak ada driver yang sesuai. Demikianlah dalam diri kita ditanamkan Tuhan driver rohani itu, setiap kali Roh Kudus Tuhan Allah bekerja di diri kita, di keluarga atau di persekutuan dia menggerakkan hidup kita sehingga mengerti maksud Tuhan dalam hidup kita.

Dari manakah kita tahu pekerjaan Roh Kudus Tuhan Allah dalam kita? Paling sedikit kita tahu bahwa ada suara hati yang selalu mengingatkan kita untuk tidak melakukan dosa dan kejahatan.

Kata-kata Tuhan di perikop ini juga menjadi sungguh-sungguh penghiburan bagi kita. Kita tidak mungkin bekerja terus menerus. Tak mungkin kita berjalan terus menerus. Ada saat dimana kita harus memikirkan, merenungkan panggilan Tuhan dalam hidup kita. Ini adalah sebuah kontemplasi kehidupan. Ada waktu bekerja dan berusaha dengan bersungguh-sungguh; tapi ada saat untuk merenung melalui doa kita, melalui pembacaan dan perenungan firman Tuhan. Disitu kita mendapat kekuatan melangkah dan memastikan Tuhan tidak membiarkan kita berjalan sendiri karena Roh membantu kita, bahkan saat kita kelu tak tahu berkata dan berbuat apa (Roma 8, 26). Betapa Tuhan tidak membiarkan kita sendiri, Roh menolong kita !

Membaca Roh Kudus Penghibur dalam PDF

 

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s