Todays23: Yang berbahagia yang memuji dan meninggikan Tuhan

Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku..”
Lukas 1, 46-47

Bisakah kita mendengar keindahan dan kedalaman pujian Maria pagi ini? Pujian sebagai nyanyian ini disebut sebagai “Magnificat”, artinya “membuat menjadi besar” atau “mengagungkan” atau “memuliakan”. Nyanyian pujian dari seorang yang merasakan anugerah Tuhan yang besar dan mengubah hidupnya. Jadi ini adalah sebuah nyanyian yang keluar dari kerendahan hati yang luar biasa yang menyatakan diri sebagai hamba, dan mengakui kekuasaan Tuhan atas anugerah-anugerah-Nya.
Sebagai gereja Lutheran, kita mengaku bahwa music dan nyanyian adalah sesuatu yang sangat penting dalam pemujian kita sebagai pemberian Tuhan. Martin Luther menyatakan, musik adalah yang diturunkan dan menjadi anugerah Tuhan, bukan pemberian manusia. Ia mengusir si iblis dan yang jahat tetapi menjadikan orang bersukacita; dimana seseorang dapat menghilangkan amarahnya, ketidaknyamanan, kesombongan, dan hal-hal yang tidak baik lainnya. Melalui pujian kita melihat bagaimana orang-orang kudus menuangkan kesalehannya melalui ayat demi ayat nyanyian, ritme dan musik; musik merajai pada masa-masa kedamaian.
**
Sebagai anak dara Maria mengandung dari pada Roh Kudus. Kemungkinan apakah itu? Anugerah apakah sebesar itu? Maria melihat bahwa Tuhan mengangkat dia menjadi yang diberkati sebagai seorang perempuan karena dia mengandung seorang anak yang akan menjadi juruselamat bagi semua bangsa (Luk. 2, 10).
Pujian ini bukan hanya ungkapan perasaan dan pemikiran Maria. Tetapi lebih dari itu, Maria mengungkapkannya dari roh atau jiwanya. Dia mengangkat pujian dengan psuche – dengan roh dan jiwanya. Dia mengagungkan dan meninggikan Tuhan dengan roh dan segenap jiwanya.
Pujian seperti itu melampaui batas misteri dan kenyataan yang dapat dilihat dalam kehidupan. Itulah sebabnya pujiannya disebut Magnificat, magnify Lord. Mengagungkan dan meninggikan Tuhan di atas segala sesuatu pun di dunia. Di atas kenyataan-kenyataan yang dia terima dan jelang. Itulah keleluasaan iman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s