Todays18: Allah-lah pemilik kemuliaan, hikmat dan syukur serta kuasa dan kekuatan

“.. sambil berkata: “Amin! puji-pujian dan kemuliaan, dan hikmat dan syukur, dan hormat dan kekuasaan dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!”

Wahyu 7, 12

Setiap kita membaca kitab Wahyu, ada pertanyaan2 yang mengharukan dalam hati kita mengingat akan adanya hari penghukuman terakhir. Pada kedatangan-Nya kedua kali, Kristus bangkit menjadi raja dan pengadil yang agung.

Menyadari hari terakhir itu pula, setiap kali kita diingatkan bahwa memang kita adalah makhluk yang fana; yang terbatas waktunya di dunia ini. Betapa kita adalah umat yang hidup dalam waktu yang diciptakan Tuhan. Betapa kita terkungkung oleh waktu yang terus berjalan tak pernah berhenti.

**

Namun tetap ada kabar baik! Betapa pun terbatas dan singkatnya hidup kita di dunia tetapi itu adalah kesempatan bagi kita untuk merasakan kehidupan bersama dengan Tuhan untuk selama-lamanya. Itulah sebabnya, persekutuan dengan Tuhan – dalam ibadah, doa-doa dan persekutuan bersama dengan sesama – adalah waktu berharga yang diberikan Tuhan sebagai kairos, sebuah kesempatan; jadi bukan hanya waktu yang berjalan terus ibarat kronologis (kronos).

Bagi saya kata yang perlu dalam ayat harian ini adalah “sambil”. Kata ‘sambil’ dalam terjemahan LAI ini menyiratkan ada tindakan dan perbuatan lain yang dilakukan. Ada “kesempatan” yang diberikan kepada mereka. Mereka tunduk mengelilingi takhta itu dan menyuarakan pujian kolosal ini. “Bagi Allah pujian dan kemuliaan; serta kuasa dan kekuatan!”

Mereka yang percaya dan diselamatkan pada waktunya tidak akan terbatas oleh waktu ini. Mereka semua ada dalam lingkungan dan suasana yang tidak tergambarkan oleh kata-kata kita manusia. Keadaan dan waktu itu adalah sebuah kehidupan kekekalan (bnd. 1 Kor. 2, 9). “Sebab apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, tak pernah didengar telinga, dan tidak pernah timbul dalam hati manusia; semuanya itu disediakan Allah”.

Jadi semuanya adalah pemujian dan penyembahan. Sebab memang Allah-lah pemilik dan yang empunya hak atas kuasa, kemuliaan, segala hikmat dan kekuatan. Hari ini adalah pemujian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s