Todays4 : Menjadi Agen Belas Kasih Allah

Yeremia 42, 12

Aku akan membuat kamu mendapat belas kasihan, sehingga ia merasa belas kasihan kepadamu dan membiarkan kamu tinggal di tanahmu.

Tahukah Sdr. salah satu karunia yang diterima Yusuf, sang penafsir mimpi itu adalah berkat bagi semua pekerejaan dan atas rumah dimana dia tinggal ?

Alkitab mencatat bahwa Tuhan Allah meyertai dia, sehingga ia berhasil dalam setiap pekerjaannya, dan juga berkenan kepada majikannya, Potifar (Kej. 29, 2). Demikian juga saat ia mesti menghadapi penjara, apa saja yang dikerjakannya mengurusi semua tahanan di situ (39, 23).

Di wajahnya orang mendapati welas asih Allah, sehingga ia berkenan kepada tuan atau majikannya hingga dia menjadi raja muda di negeri Mesir itu.

**

So, bagaimana dengan dunia sekarang? Apakah karunia belas kasih itu masih ada. Ternyata masih! Tuhan Allah mengaruniakan belas kasihan kepada umat-Nya. Dan kerajaan-Nya sendiri adalah kepenuhan belas kasihan (Ibrani 4, 16). Tuhan Yesus sendiri digambarkan tergerak hatinya oleh belas kasihan melihat orang banyak itu (Mat. 9, 35-36); sama seperti memandang kita, dia penuh belas kasihan.

Kepada belas kasih itulah kita tergantung. Kepada belas kasih Allah-lah dunia ini bergantung. Dan seluruh umat manusia memerlukan belas kasih Allah.

Bukankah demikian posisi kita sebenarnya di hadapan Tuhan. Kita adalah umat yang mengharapkan belas kasih Tuhan, agar dimampukan dalam pekerjaan dan hidup ini. Seperti kata Martin Luther, bapak Reformator itu, “Aku hidup dari belas kasih ke kepada belas kasih”.

Sebab Allah mengasihi kita mari kita juga menjadi pembawa belas kasih, iba kepada orang-orang di sekitar kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s