150 Orang Paling Berpengaruh Di HKBP

Berikut ini adalah beberapa tokoh penting yang sedikit banyak memengaruhi kehidupan dan perjalanan gereja HKBP selama ini. Bahkan beberapa di antaranya adalah pendeta, parhalado atau warga jemaat biasa, namun perkataan, atau sikap dan tulisannya banyak pengaruhi tata cara kehidupan bergereja di HKBP yang note bene masih kental dengan primordialisme, kesukuan, dan wawasan Batak. Selain itu dalam tantangan HKBP di dunia pluralistik dan mondial

Urutan ini alfabetis, bukan karena lingkar kepengaruhannya :

(Tulisan ini tentu bukan sumbangan apa-apa untuk Peringatan Jubileum 150 Tahun HKBP 2011 .. Tetap tak berpretensi apa-apa..)

1. Ambarita, Pintor Mangara Dr

Pendiri dan Penggagas Credit Union Modifikasi (CUM) sejenis Koperasi yang di modifikasi dan disesuaikan dengan pelayanan tritugas gereja bermukim di Desa Gelora Kasih Kab Deli Serdang. Melayani sebagai Dirut PT Pijer Podi Kekelengan yayasan milik GBKP.

Update :

Mantan Direktur Utama Bank BRI Cabang Kabanjahe.

Sampai hari ini HKBP terus menjalin kerjasama dengan Bapak Ambarita melalui pengembangan pendidikan Credit Union Modifikasi di jemaat-jemaat. Sekarang Pusat Pelatihan untuk para pelayan dan warga dipusatkan di Desa Sirait Uruk, Tobasa.

Begitu pentingnya pengembangan usaha ekonomi kerakyatan ini sehingga saat ini HKBP memberlakukan setiap calon pelayan di HKBP harus melalui pendidikan CUM di Sirait Uruk. Harapannya, supaya saat berada dalam pelayanan maka Koperasi-CUM ini dapat digalakkan.

Dr Ambarita punya satu ayat khusus yang selalu dihidupinya, yang menjiwai dia dalam semangat pelayanan ini, yaitu Yeremia 33:3.

2. Darmaputera, Eka Pdt Dr Phil.

Pendeta GKI yang kotbahnya banyak dikagumi warga dan pendeta HKBP.

Update : Tulisan-tulisannya tersebar di berbagai Toko buku terkenal. Dan bahkan sesudah dia meninggal tulisan-tulisannya yang jernih dan bernas selalu dibaca orang. Gaya penulisannya yang populer adalah ciri khas yang tidak ditemui pada penulis-penulis lainnya. Misalnya, “Khotbah Di Bukit” adalah salah satu magnum opus-nya; cara pandang baru mengerti dan menghayati Khotbah Yesus Di Bukit.

tulisanya banyak pula ditemui di internet dan buku cetakan-cetakan oleh Gloria.net

Kumpulan tulisannya dapat dibaca di sini

3. Doloksaribu, Jonggi AU Pdt MMin

Siapa yang tidak kenal Pendeta JAU !? jauSaya kira pendeta yang paling populer di HKBP adalah Pdt JAU Doloksaribu. Anggota Team Music Box Gerejawi (MBG), pencipta banyak lagu di gereja. Sekarang masih aktif melayani di HKBP Ressort Rawalumbu.

Update : Pada juli 2014 lalu dia sudah pensiun dari HKBP, dan pada masa pensiun itu diterbitkan sebuah buku kenangan atas syukur masa pelayanannya.
Info tentang buku “1000 Nada Untuk Tuhan” dapat dibaca di http://pgi.or.id/archives/2156

4. Harahap, Daniel Taruli Asi Pdt MTh

Melayani di HKBP Serpong; seorang dari sejumlah kecil pendeta HKBP yang percaya bahwa internet adalah juga media penyampai firman Tuhan. Pemilik situs pribadi rumametmet.com dan kotbahnya dapat didengar di facebook

5. Lumbantobing, Darwin Pdt Dr

Sekarang Pdt Darwin menjabat sebagai Ketua STT HKBP Pematangsiantar, untuk yang kedua kalinya.

Pada Rapat Pendeta HKBP Hatopan lalu, tanggal 14-18 Oktober 2013 Pdt Darwin terpilih sebagai Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP pada periode 2013-2017.

Beliau banyak menulis buku-buku yang diterbitkan oleh L-SAPA Pematangsiantar, beragam pokok dibahas terutama dalam disiplin Teologi Sistematika. Pemikiran-pemikirannya saya kira banyak memengaruhi para pendeta dan juga penatua terutama dalam pemahaman-pemahaman teologi kontemporer. Kini dia tinggal di Pematangsiantar.

6. Markus, Tuan (Pdt. Otto Marcks)

Nama Tuan (Pandita) Markus sebenarnya berasal dari lidah orang Batak yang susah mengucapkan nama tuan itu sebenarnya.Otto Marcks.

Otto Marcks lahir 25 September 1875 di Bonn, Rheinland. Ayahnya adalah Yahudi-Jerman, dan ibunya adalah asli Jerman. Ia meninggal 7 Desember 1937 di Pearaja Tarutung. Sekolah Pendeta penginjil mulai 1894 di Barmen. Semasa sekolah dia termasuk murid yang pintar dan semakin tampaklah kelebihannya dari teman-temannya.

Mulai pelayanannya di tanah Batak pada 1900, sesudah mengikuti beberapa lama pelajaran bahasa Batak di Pearaja. Tuan Markus terkenal di kalangan orang Batak, terutama di daerah pelayanannya di Silindung khususnya di Sipahutar dan Pearaja.

Semangat menghayati panggilannya adalah teladan pokok dari Tuan Markus.Hal itu tampak dari kerendahan hatinya, ketulusannya dan kesungguhannya dalam melayani. Ia pernah berujar, “Ianggo hita parjamita, ingkon tiruanta do pambahen ni partigatiga, na sai jumolo mamangkulingi halak na ro manuhor manang na mamolus sian lambungna, … ingkon songon i do bahenon ni parjamita“. Hal itu menggambarkan betapa dia selalu ramah, dan selalu mendahului untuk menyapa warga dan siapa saja yang ditemuinya.

Satu lagi teladan penting dan menjiwai kekristenan masa kini adalah jiwa kepenulisannya. Ia cakap dalam menulis dan mengajar. Disebutkan, ia bersama-sama dengan Tuan Dr Warneck menyisir dan memperbaiki tata bahasa Bibel Batak yang sekarang kita kenal dalam Perjanjian Baru. Ia juga menulis Kurze Praktisch – Metodische Einfuhrung in die Bataksprache, untuk bahan pengajaran pendeta. Juga 3 Jilid buku pelajaran untuk anak sekolah pada masa itu. Dan dari semua tulisnnya itu, Dr Justin Sihombing sendiri mengakui tampaklah kepiawaiannya dalam Bahasa Batak. Banyak tulisannya dimuat di Surat Parsaoran Immanuel, dan juga nyanyian dalam Buku Ende Haluaon Na Gok.

Salah satu tulisannya yang pernah dikirimnya ke SP Immanuel adalah ajaran devosi tentang Doa, dimuat pada Edisi 31-32 tahun 1920.

Baca “Taringot Tu Partangiangon

Serial ebook for samsung GT-P1000 (400X670) pixels better on samsung 7`- 600X1024 pixels

7. Nababan, Soritua Albert Ernst Pdt Dr LLD

saeEphorus Emeritus HKBP, membuat kebijakan strategis bagi sekolah lanjutan banyak pendeta muda di masanya. Penggagas Teologia Keseimbangan. Kepemimpinan kharismatis, dan kepioneerannya dalam mengungkap ide dan menggagas banyak hal kemajuan bagi kehidupan gereja.

Nababan, meski sudah lanjut tetapi tetap aktif dalam usaha oikumene di Indonesia dan dunia. Kini beliau tetap mengusahakan menulis buku dan pada usia 73 tahun terpilih sebagai salah satu dari delapan Presiden Dewan Gereja Dunia (WCC).

Dalam beberapa kesempatan dia selalu berbicara tentang bahaya istilah pension – pensiun yang sudah merasuk juga ke gereja. Seolah usia menjadi penentu seseorang sudah menyelesaikan “tohonan”nya, padahal dia masih mampu melaksanakan 7 sumpah tahbisan pendeta misalnya. Ia sendiri sekarang tinggal di Jakarta dan masih aktif dalam pembinaan pemuda.

Buku tulisannya, Teologia Keseimbangan

8. Napitupulu, Bonar Pdt Dr

Ephorus HKBP periode 2008-2012; HKBP yang kembali ke jati dirinya.

Update : Ephorus Emeritus, dikaryakan di Yayasan Universitas HKBP Nommensen.

Dalam banyak kesempatan, disebutkan bahwa beliaulah yang menggagas banyak fikiran dalam Aturan dan PEraturan HKBP (AP HKBP) Tahun 2002. Pada masa-masa itu Pdt Dr Bonar dipilih sebagai Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP pada masa kepemimpinan Ephorus Pdt Dr JR Hutauruk. Dia kemudian terpilih pada Sinode Agung HKBP 2004.

Salah satu kelebihan dari Ompui dalam pemberitaan firman adalah kesungguhan mendalam untuk menggali nas firman Tuhan dan menghubungkannya kepada kehidupan sehari-hari dan masa kini. Kedalamaan itu mungkin bisa juga ditelusur dari retorikanya yang berapi-api dan ini banyak mempengaruhi semangat para pengkotbah untuk penggalian teks.

Saya sendiri pernah mendengar kotbahnya pada perayaan Paskah Raya HKBP Distrik V Sumatera Timur.

Kotbah itu berdasar pada 1 Petrus 1, 3 yang menjelaskan tentang pertumbuhan orang Kristen yang terutama adalah karena bertumbuh sebagai anak Tuhan dalam rohaninya.

Kemudian disitu juga tampak warna HKBP tentang baptisan kudus sebagai berkat Tuhan yang paling besar; yang menjadikan semua berkat jasmani menjadi sungguh-sungguh berarti dan berdaya guna.

9. Nommensen, Ingwer Ludwig Dr hc.

Ompu i Ephorus HKBP yang pertama. nommensenDia dikenal sebagai Rasul Orang Batak, membawa kemajuan dan pencerahan. Dimana ada gereja, disitu ada pusat pendidikan, kesehatan dan transformasi sosial. Kuburannya ada di kompleks HKBP Nommensen di Sigumpar. Namanya diabadikan sebagai nama Universitas HKBP di Medan dan di Pematangsiantar, Univ HKBP Nommensen.

Ibadah yang diselenggarakan baru-baru ini di kompleks HKBP Nommensen Sigumpar, tetap mengingatkan kita tentang kisah dan perjuangannya memberitakan Injil ke tanah Batak.

10. Panjaitan, Luhut Jend Dr

luhutpjtPemerhati gereja dan Ketua Yayasan Pendidikan HKBP

HALAMAN BERIKUTNYA ..

Advertisements

16 comments

  1. Semuanya saya pikir bagus apa yang di tulis amang Bakti,mauliate. hanya perlu perbaikan untuk urutan saja saya kira, kalau ada yang buat lebih bagus itu kita pasi dukung,always thinking positive that’s good!!

  2. Mauliate..mnambai parbinotoan…alai porlu perbaikan…parameter, lebih cocok orang-orang yang ikut mempengaruhi, berdirinya 150 Taon HKBP….masukan sude Parhobas…Eporus, Sekjend, Praeses, Pandita ressort, Guru Huria, Porhanger, Sittua, na Tulus melayani sian Ias Ni roha, dengan dorongan semangat melayani, sude do mempengaruhi perkembangan di HKBP…mauliate

  3. menurut pemikiran saya, HKBP tidak akan pernah ada tanpa Ompui I.L. Nommensen, jadi menurut saya beliaulah yg layak di urutan 1,,
    mauliate….

  4. Oke tak apalah. tokh ini hanya catatan pribadi tentang para tokoh. Itu pun hanya sebagai sumbangan 150 Tahun HKBP. Parameternya? Ya tentu saja yang paling sering dibicarakan atau ditulis HKBP tentang peran, sumbangan dan semangatnya demi kemajuan dan kebersamaan.
    Tendensius? Tidak juga, hanya catatan tambahan.
    Maulite singgah di sini.

  5. Mauliate atas segala infonya,tentu bisa digali lebih dalam .Mauliate HKBP ndang lupa sejarah perjuangan oppung St.Lucius Siahaan .Rasa sosialnyaMungkin tdk dikenal Generasi 80 sampai sekarang.Lebih dari apa yang sudah di catat.Horas .GBU all

    1. ndang pas tu judul, ingkon adong do ma antong parameter na jelas. Mungkin judul nya bukan Paling berpengaruh, tapi yang memperngaruhi atau yang memberi warna…atau something like that’ lah..

  6. lho, katanya 150 amang. Knp cuma segitu? Tapi parameter penilaian amang untuk membuat daftarnya apa ya? Pengen tau juga. Siapa tau bs buat versi sendiri. He.
    tapi daftarnya unik. HKBP kyqny blm punya daftar seperti ini ya.

    1. dang boi songoni amang hardiman nainggolan,, ingkon arga do baenon karya ni dongan.. aut sugari dang dibahen songonon boi do lupa hita dipardalanan ni ngolunta na mar hkbp on.. marsihormatan ma hita puang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s