Trinitatis : Scrap Kotbah Minggu 30 Mei 2010

Teks : Lukas 12, 1-12

Entry point : Bahwa ajaran atau doktrin tentang kekristenan adalah unik. Kita akan mempelajari betapa pengakuan iman dan ajaran-ajaran kristen adalah suatu yang unik dibandingkan dengan ajaran agama dan kepercayaan lain. Semua agama di dunia dan kepercayaan mempercayai bahwa Allah itu adalah Roh. Semua kepercayaan percaya akan ada Allah dan berkuasa. Tapi keunikan doktrin orang kristen, adalah bahwa Allah yang adalah Roh itu menyatakan diri-Nya secara spesial ke dalam diri dan melalui Yesus Kristus. Yang lain mengakui bahwa ada nabi Isa, tetapi kekristenan mengaku bahwa Kristus itulah Anak Allah dan menjadi juruselamat kita.

Namun keunikan iman dan ajaran itu bukan tanpa konsekuensi. Konsekuensi atau akibatnya bisa seluas dunia ini. Sebab doktrin ini membuat orang kristen jelas berbeda dengan agama dan kepercayaan lain. Ini membutuhkan kedewasaan iman untuk mengertinya. Konsekuensinya adalah, bahwa jika orang belum dewasa secara sosial dan iman tidak dapat menerima keunikan itu. Tidak dewasa atau ketidakdewasaan kemudian menghasilkan resistensi terhadapnya, dan bahayanya pula tidak dapat menerima perbedaan. Dan yang berbeda dengannya dianggap sebagai musuh. Sehingga kadang-kadang perbedaan membuat permusuhan dan sikap tidak menerima.

Halaman Kotbah Ini : 1 2 3

3 comments

  1. Iya amang..saya baru melihat posting amang,,Mengenai trinitas adalah hal yg masih sngat membingungkan..apalgi bagi pemuda..mengenai TRinitas haruslahlah kita pelajari dengan seksama dan serius..apalagi Amang pernah membicarakannya di PA NAPOSO RAWAlumbu….amang pernah berjanji mau membicarakannya lebih dalam lgi..bagaimana dengan seminar trinitas amang?? biar bsa mnjadi bekal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s