Scrap Kotbah Tanggal 16 Mei 2010 : Exaudi

Teks : Panguhum (Hakim-hakim) 10, 10-16

1. Keadaan orang Israel yang sekarang menjerit minta pertolongan pada Allah semata. Seringkali memang orang bersungguh-sungguh dalam berdoa kepada Tuhan, saat mereka sedang menghadapi sebuah penderitaan dan kesusahan. Memang doa dan penyembahan bahkan saat kita tidak menyadari bahwa Allah dekat dengan kita menjadi sebuah penyembahan yang paling mendalam. Bahkan saat kita dalam keadaan susah dan penderitaan, sakit atau bahkan saat kehilangan seseorang yang saat kita kasihi jika kita bisa menyembah dan mengucap terimakasih, itu adalah penyembahan dan pujian yang datang dari dalam hati.
Tetapi, jika itu datang berulang-ulang kepada seseorang atau kumpulan itu namanya bebal. Ini terjadi kepada bangsa yang tegar tengkuk ini, yaitu Israel. Mereka telah meninggalkan Allah dan menyembah allah dan dewa bangsa-bangsa lainnya. Saat mereka menderita dan tidak mendapat pertolongan dariunya, baru mereka menyadari bahwa mereka telah ditinggalkan oleh Allah. Baru kemudian mereka menjerit minta tolong kepada Allah.

2. Mereka tidak berani membela diri dalam keadaannya yang sekarang; karena memang apakah yang dapat mereka ingat sebagai perbuatan baik dan menyenangkan hati Allah? Tidak ada.

Halaman kotbah ini : 1 2 3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s