(Ke)Pemimpin Yang Dewasa

Scrap Kotbah Tanggal 14 Februari 2010 : 1 Tim 3, 1-7

1. Bahwa pemimpin adalah salah satu faktor utama dan penentu untuk membuat suatu bangsa, kelompok dan komunitas menjadi baik. Baik dan sejahtera tidaknya sebuah bangsa, kelompok dan bangsa tergantung pada pemimpinnya.
Selain keadan situasi dan kondisi, dan juga kepedulian serta keikutsertaan anggotanya, seorang pemimpin adalah titik utama baik tidaknya kelompok itu.
2. Kedewasaan iman dan sosial seorang pemimpin adalah syarat terutama sebagaimana disampaikan Paulus kepada Timoteus untuk rekrutment para penilik jemaat yang baik di hadapan Allah. Mereka yang dewasa secara iman dan sosial punya potensi menjadi pemimpin, dan kesana kita semua diarahkan teks ini.
3. Kedewasaan iman yang dimaksud adalah requirements sebagaimana disampaikan sang rasul. Ia adalah tindakan beriman seorang pemimpin, yaitu takut akan Tuhan. Celakalah pemimpin yang tidak takut akan Tuhan! Karena tidak takut akan Tuhan maka tetap terjadi ketidakadilan. Karena tiada takut akan Tuhan lagi, maka korupsi tetap merajalela.
Kedewasaan iman tidak terlepas juga dari kedewasaan sosial, atau bahkan kecerdasan emosional. Seorang pemimpin yang tidak cerdas secara emosional adalah pemimpin yang tidak bisa mengekspresikan perasaannya, emosinya dengan tepat dan pada waktu yang tepat pula.
4. Bahwa setiap kita adalah pemimpin, minimal sebagai kepala keluarga, ketua kelompok kecil atau persekutuan. Jadi tuntutan Allah kepada kita sekarang sama seperti tuntutan rasul Paulus agar komunitas, kelompok dan keluarga kita menjadi baik. Seorang pemimpin memang haruslah seorang yang taat akan Tuhan, yang bisa mengambil makna dari setiap kejadian peristiwa yang terjadi padanya; bahkan yang bisa memaknai apa saja yang terjadi biar sederhana dan sepele.

2 comments

  1. Ido pandita,ndang didesa dohot dikota manang didia pe kualifikasi napinsahat nisi Paulus tu si Timoteuson gabe sada intropeksi tusude parhobas,moral sudah mengalami erosi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s