Natal Telah Tiba, Akankah Lewat Begitu Saja!?

Malam ini seharusnya menjadi malam yang berbeda dari malam-malam lain, fikir kami. Karena itu kami merencanakan Natal Keluarga, di mana semua anggota keluarga bisa ikut merayakan Natal itu bersama-sama. Tapi rupanya tidak bagi sebagian besar orang, terutama kaum Bapak di sini.
Banyak ibu yang terpaksa membacakan nas yang sudah dibagikan kepada mereka sekeluarga sendiri, tanpa suami dan anak-anaknya.
Malam yang seharusnya berbeda dengan malam lainnya, ternyata sama saja dihabiskan kaum bapak sebagian besar di lapo. Tidak ada yang berbeda dengan Natal kali ini, bagi si Bapak. Sesekali terdengar dentuman meriam bambu yang dibuat anak-anak mengejutkannya, dan kembali terhenyak dan larut lagi dalam ngobrol di situ. Tidak ada yang berbeda. Besok bahkan tanggal 25 Desember kembali dengan rutinitas itu.
Bagi si bapak, apa yang paling berkesan di penghujung tahun seperti ini paling-paling hanya mengingat tanggal 31 Desember nanti setelah sekian bulan mengumpulkannya adalah BINDA. Binda, berarti makan-makan. Makan jagal. Itu saja memenuhi fikirannya, sampai habis tuak di gelasnya dan minta tambah lagi.
Bukankah Natal ini sudah ditunggu-tunggu. Natal yang akan selalu menceriakan hati. Di mana semuanya penuh sukacita. Dengan hiasan-hiasan, dengan lagu-lagu dan segala macam persiapan. Aduh Bapak, akankah Natal ini lewat begitu saja? Atau akankah tidak ikut?
Jangan sampai ini menjadi Natal terakhir untuk kita!? Wallahu..
**
Janganlah Natal berkesan ini lewat begitu saja. Biar “begitu-begitu” saja, Natal kali ini seharusnya begitu ditunggu dan tetap membawa bermakna di Jorlang Huluan.
Selamat Natal ..

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s