Bibel Kedua ?

Ada bibel pertama dan utama. Lalu ada bibel kedua? Bagaimana ketiga? Istilah ini dari Pdt COR Silaban, mantan praesses HKBP di tiga distrik berbeda : Dairi, Silindung dan Asahan Lab. Batu.
Menurut beliau ada yang berbeda dan karena berulang-ulang menjadi salah. Misalnya informasi yang diberikan penulis tata liturgi di Impola Jamita. Semua orang tahu, semua hafal bagaimana urutan-urutan liturgi dalam kebaktian di jemaat HKBP. Masalahnya, seringkali nyanyian dan urutan liturgi di Impola Jamita tidak sesuai bahkan berbenturan dengan topik atau tema minggu itu.
Misalnya, pada awalnya gereja HKBP – masih menurut beliau – tidak mengenal adanya singkat ni patik (Pengganti Dasa Titah) yang berasal dari Konfessi HKBP. Sebabnya, konfessi berisi ajaran dan dogma gereja uniert ini yang dipakai sebagai dasar tafsiran untuk mengerti dan menjalankan Alkitab atau Bibel. Jadi mesti berasal dari Bibel, dan Konfessi bukan bibel. Karena itu tidak benar, dan sebelumnya HKBP tidak pernah mencantumkan salah satu bab atau fasal dari Konfessi dan dokumen-dokumen lain sebagai ganti titah Allah (singkat ni patik) selain dari ayat-ayat Alkitab juga.
Di AP HKBP kini dengan tingkat kewenangan institusi Distrik-distrik di HKBP, sebenarnya sermon di tingkat distrik sudah harus mampu mengkritisi informasi liturgis dari Impola Jamita, sehingga jika belum dapat seragam secara keseluruhan (hatopan) minimal jemaat-jemaat di distrik yang bersangkutan sudah sepaham tentang ibadah minggu yang sesuai dengan tema atau topik minggu. Karena itu informasi yang kita baca dalam Impola adalah pedoman, bukan patokan.
Jadi penulis urut-urutan liturgi di Impola Jamita tidak perlu berkecil hati, sebab kita semua mencari nyanyian dan urut-urutan yang paling sesuai dengan topik, dengan Evanggelium dan nuansa minggu itu.
Sebab kalau nanti singkat ni patik – Pengganti Titah bisa berasal dari Konfessi, atau Agenda atau apa saja; jangan-jangan surat dari Camat juga bisa menjadi Singkat ni Patik. Hehe..
Setuju..?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s