RAT III CUM MADUMA

Hari ini 14/10 diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Credit Union Modifikasi “MADUMA” HKBP Distrik V Sumatera Timur . Hadir pada kesempatan itu di pembukaan Pdt Nelson Siregar, STh Kepada Departemen Diakonia HKBP, Ka Biro PI/Sending HKBP Pdt COR Silaban, dan para Manager Micro Finance dari beberapa lembaga CUM di HKBP dan para anggota CUM Maduma. Ratusan orang yang menghadiri RAT kali ini datang dari berbagai kalangan, misalnya sebagian besar datang dari keanggotan di daerah Tiga Bolon sebagai kalangan petani, para anggota parenggerengge dari Pajak Horas dan pajak Parluasan Pematangsiantar.
Ibadah mengawali RAT ini dipimpin oleh Pdt Hendri Simanjuntak, dan diadakan pengadaan pengumpulan persembahan yang direncanakan akan diberikan sebagai bantuan kepada korban Gempa Sumatera di Padang.
Dari laporan Manager CUM Maduma, Diak Sondang Lumbantobing tampak ada perkembangan signifikan dari jumlah keanggotaan dan jumlah saham dalam operasional CUM Maduma. Hingga kini anggota mencapai 460 orang, berasal dari berbagai kalangan : petani, parenggerengge, buruh harian lepas, pegawai dan juga masyarakat umum. Mereka juga bukan hanya berasal dari warga gereja, tetapi dari berbagai suku dan agama.
Pada RAT yang semakin mapan ini, tahun ketiga CUM Maduma membukukan laba sebesar 15.158.241 rupiah; dan dari dividen itu diberikan sumbangan kepada Distrik V Sumatera Timur sebesar Rp. 1 juta.
Dari harapan-harapan dan sambutan anggota dan pemerhati ekonomi kerakyatan yang dikelola oleh gereja ini tampak harapan akan semakin suburnya budaya saling mempercayai (haposan), membangun solidaritas dengan dasar trust dimaksud. Dengan trust sebagai modal, mudah-mudahan ekonomi rakyat akan semakin berarti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s