Psalmn (Mazmur) 28, 6-9 : Progress Provide

1. Minggu ini kita tidak masuk pada kalender gerejawi yang diaturkan dalam Sekber UEM karena berhubungan dengan peristiwa hari jadi gereja ini, tanggal 7 Oktober. Jika pada lembaga itu Evanggelium ditetapkan adalah Ulangan 16, 18-20, yang meriwayatkan pentingnya peranan para hakim, peradilan dan tua-tua sebagai perwujudan penyertaan Tuhan kepada Israel maka penekanan Psalmn ini adalah besar dan menerusnya penyertaan Tuhan pada umat-Nya dan dalam hal ini institusi gereja HKBP sebagai perwujudan orang-orang yang semakin percaya.
2. Ucapan syukur dan madah pemazmur ini adalah ungkapannya saat merasakan betapa Tuhan tetap menyertai umat-Nya selama-lamanya. Pujian ini lebih pada ucapan syukur kolektif, bahwa Tuhan selalu berada ditengah-tengah bangsa dan umat untuk menjadi penuntun dan pelindung mereka.
Perlindungan dan tuntunan saat dalam kesusahan dan penderitaan, demikian juga serta merta ajakan untuk mengucap syukur kepada Tuhan saat sukacita dan kegembiraan meliputi hati dan perasaan.
3. Tahun 2009 HKBP memasuki usianya yang ke-148 tahun. Perjalanan panjang, malang melintang di masyarakat, negara dan di dunia ini. Banyak yang sudah dilakukan, banyak pula yang sudah dapat dicapai dan beragam peristiwa monumental ditorehkan. Lembaga ini semakin cepat dan tanggap terhadap kejadian-kejadian di dunianya, menyantuni orang miskin, ikut memikirkan kesejahteraan warga dan masyarakat luas, karitas kepada korban-korban bencana dan lain-lain. HKBP juga sudah semakin luas dikenal orang – baik karena keterbatasannya, maupun karena peranannya dalam banyak hal – di Indonesia dan di luar negeri. Meski harus diakui masih banyak yang tertinggal, tertidur dan mulak-mulak tu bona (0 km) sebab kelalaian, apatisme, kelelahan dan lain sebagainya. Tapi yang satu ini tidak mungkin dilupakan, bahwa Tuhan masih berada ditengah-tengah kita, di tengah para pemimpin institusi ini memberi hikmat untuk memimpin; di tengah para hamba-Nya untuk memberi petunjuk kepada mereka; dan tentu saja diam ditengah warga dan semua orang percaya untuk semakin meyakini Tuhan menyertai kita. Dia ada ditengah-tengah bangsa, kumpulan orang yang selalu berusaha percaya kepada Dia.

Selamat Hari Jadi HKBP 7 Oktober 1861 – 7 Oktober 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s