Tentang Uang di Jemaat HKBP

Setidaknya mungkin tidak salah-salah betul pendapat warga disini. Ada pula sintua yang bilang, kan GKPS singkatan dari ganup kegiatan patup (hu) sen! Artinya, semua kegiatan pasti yang dingomongin duit/ uang. Atau lihat saja lihainya dia, HKBP itu ‘kan habis kas baen pesta, haha. Artinya, kalau kapan saja kas gereja habis, gampang. Bikin saja pesta, dan mungkin artinya untuk pengumpulan dana.
Stigma ini mungkin terasa hingga kini, minimal di jemaat-jemaat kecil seperti di daerah ini. Kecil, artinya relatif baru dan memang kecil tidak begitu besar warga dan kegiatannya, sehingga memang semua yang bertalian dengan kepenatalayanan jemaat masih cenderung reaktif, belum bisa direncanakan sebagaimana jemaat besar dan kegiatannya serta pelayanannya bisa maksimal.
Misalnya, untuk memberangkatkan utusan jemaat ini ke Sinode Distrik maka ketiga jemaat filial disini akan membagi “jatah” dari berapa biaya yang harus ditanggung. Jadi masih insidentil, sesuai dengan keadaan pelayanan dan kegiatan yang diikuti. Untung “parbalanjoan” pelayan tidak insidentil, hehe .. tapi mungkin karena ini menjadi tanggungan rutin sebagai pengeluaran dari ressort di HKBP.
Mungkin ke depan, jemaat memang perlu mempersiapkan diri dengan penataan keuangan sehingga banyak kegiatan tidak menjadi momok seolah-olah semuanya tentang uang. Dan memang sintua tadi agak keliru tentang itu, karena GKPS memang sekarang sudah selangkah lebih maju dengan sistem sentralisasi kauangan di pusat. Jadi tidak lagi semuanya patup hu sen, tidak hanya masalah kutipan-kutipan insidentil.
Bagaimana!?
{archieve}

Advertisements

2 comments

  1. hahaha, lucu juga akronim HKBP (Habis Kas Baen Pesta) itu.. :O

    tapi ini memang sesuatu yang penting didiskusikan dan diperhatikan apalagi pada saat Rapat Huria. Tapi mudah-mudahan segera ditemukan solusi yang tepat untuk mengefisienkan masalah keuangan di gereja hkbp ini.

    salam. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s