CUMaranatha HKBP Ressort Jorlang Huluan Sumbangkan Dividen Sebesar Rp. 461 Ribu

Dari dividen yang didapat dari Sisa Hasil Usaha (SHU) – laba bersih – yang sebagian besar dibagikan kepada anggota, CUMaranatha menyumbangkan 2% dana kepada Kas HKBP Ressort Jorlang Huluan, yaitu sebesar Rp. 461.703.
Dengan rasio NPL (kredit tunggak) “kekeluargaan” sebesar 0,3%, sebenarnya ekspektasi anggota dan masyarakat seharusnya cukup sehat dan membaik. Tingkat NPL seperti itu – dari Loanable Fund sebesar Rp. 186.866.235 hingga semester pertama tahun ini – maka diharapkan pada masa yang akan datang CUMaranatha akan semakin memberikan andil besar dalam perekonomian dan kesadaran finansi masyarakat di daerah ini.
Kini keanggotaan lembaga keuangan mikro lengan Diakonia HKBP ini mencakup 11 sektor yang dibawahi Komisaris (sebenarnya koordinator sektor, partunggu) di Nagori Jorlang Huluan dan Huta Pohon, Marihat Huluan, Pongkalan Dolok, Huta Kopi, Marihat Gunung dan Gn Hariahan, Nagori Sihaporas (4 sektor), dan satu sektor di Nagori Gorak, semuanya di Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Dengan pertumbuhan keanggotan signifikan 73,46%, kini jumlah anggota adalah 261 orang – 2 anggota luar biasa sebagai Donateur, 2 dari Dept Diakonia HKBP Pusat dan Pdt Nelson Siregar, STh. Anggota bukan hanya berasal dari warga gereja HKBP, tetapi juga dari gereja-gereja tetangga RK, GKPS dan muslim.
Hal ini dilaporkan oleh Ketua Harian Pengurus CUMarantha HKBP Ress Jorlang Huluan, Bapak Amir Damanik, SPd didampingi Sekretaris St Horasman Sipayung, dan Bendahara Bapak JE Manik (Op Debora) pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) III Credit Union Modif ini pada minggu 30 Agustus lalu. Dihadiri ratusan anggota dan para undangan dari gereja dan warga tetangga lainnya, RAT seperti ini memang dibutuhkan guna mendiskusikan cara dan performa terbaik lembaga keuangan ini, disamping sebagai ajang senda sua anggota dan pengurus.
Ke depan, pengurus dan anggota yakin dengan adanya kerjasama dan usaha bahu membahu, lembaga ini dapat menjadi social capital bahkan social movement mengembangkan usaha masyarakat dan kehidupan sehari-hari. Optimisme ini terungkap dari kata-kata sambutan dan ucapan terimakasih dalam Rapat itu. Pendeta HKBP Ressort Jorlang Huluan sebagai Manager Micro Finance (ex officio) juga mengungkapkan betapa perlunya mengingat seruan Paulus perihal harta benda ini, “Orang yang mengumpulkan banyak, tidak berkelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit tidak kekurangan” (2 Korintus 8, 15). Diakonia menemukan wujudnya salah satu dalam usaha simpan pinam milik Tuhan Yesus ini. Kecenderungan untuk mengharapkan dana bantuan dari luar harus dihindarkan, sebab pengalaman bersama jika hanya mengharapkan dana luar itu meninabobokan sekaligus tidak membangun fondasi kebersamaan yang tidak boleh kita lupakan sebagai dasar lembaga. Karena itu ke depan juga CUMarantha akan menggenjot daya juang dan prioritas segmentasi pada peminjaman produktifnya, guna mencapai kedaulatan dan kemandirian dana sendiri.

Diakonia : Masilehonlehon alai ndang agoan, klise??
Ini alasannya, “Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman, yang melakukan urusannya dengan sewajarnya” Mazmur 112, 5.
Juga, “Pasangap ma Jahowa marhite sian hamoraonmu dohot marhite sian patumonaan ni sandok pangomoanmu. Jadi marsipinjot ma angka sopom, jala sirnip tuak anggur angka pangilanganmu” Poda 3, 9-10.

Advertisements

2 comments

  1. Salut panditanami. Naeng do nian di sada tingki boi au songon hamu mangalehon roha tu CUM on. alai tahe ndada holan roha, ingkon do adong parbinotoan na hombar tusi. Sian dia do boi dapot i panditanami ? Mauliatema n Selamat melayani

    1. wadhuh lae, sampe lupa. Ndang adong pola godang ra, alai mangurupi dison adong contoh ni Anggaran Dasar dohot Anggaran Rumah Tangga ni Koperasi i.
      Klik disini atau disitu.
      I ma jolo parsiajari hita lae, beta` umbuk tu inganan panghobasionta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s