Tuhanlah Menjadi Tamu Di Pesta Pak Damanik

Ini doa Ibu Pdt Nelli Hutahaean, Msi dalam acara penutup sermon distrik V Sumatera Timur lalu, Rabu 18/6. Harapan ini diungkapkan dalam pokok doa bahwa bapak Pdt Juniver Damanik akan mengadakan acara perkawinan putri beliau minggu depan.
Bahan sermon sendiri diambil dari teks Yesaya 41, 12-20 yang bercerita tentang pergumulan bangsa Allah yang sekarang sedang dalam penderitaan dan kesusahan hidup akibat tekanan dan krisis kehidupan. Misalnya, tantangan datang dari dunia sekitarnya yaitu bangsa-bangsa yang mengedepankan kekuatan dan banyaknya pasukan perang guna menaklukkan bangsa Allah itu. Sebutan Yakub sebagai hamba (ay 10, 13 dan 14) sekarang berubah menjadi “si cacing Yakub dan si ulat Israel”; sebutan mana tidak terdapat dalam LAI-Toba. Cacing atau ulat digunakan untuk menggambarkan status Israel dalam keadaannya yang paling buruk dan terpuruk. Tidak ada harapan lagi, sebab cacing adalah simbol ketidakberdayaan, kelemahan dan tiada harapan. Namun sekarang Tuhan sendiri yang memulihkan bangsa-Nya itu menjadi satu kekuatan besar, yang mampu mengalahkan dan menaklukkan segala yang menghalangi rencana Allah. Tempat itu diberikan Allah kepada bangsa itu agar bangsa yang tegar tengkuk itu akhirnya mau menyadari, melihat dan memperhatikan semuanya ada dibawah kuasa Allah.
Lima unsur alam : api, air, udara, angin, serta tanah dalam teks ini digambarkan sebagai sesuatu yang ada di bawah kuasa Illahi. Ia mampu menumbuhkan kayu-kayu besar dan megah; Ia bisa menghidupkan ranah yang kering kerontang sekarang sebagai sumber air hidup; dan Ia berhak membangkitkan bangsa-bangsa, kumpulan dan orang-orang miskin dan tertindas serta tak berdaya untuk bangkit dan menjadi pemenang.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s