Adong di ganup parngolu na opat i onom habonghabongna be, na marmata do nasida humaliang dohot di bagasan; ndang maradian nasida arian dohot borngin, mandok: Na badia, na badia, na badia do Tuhan Debata, Sigomgom saluhutna, naung adong hian, Siparngolu i, na naeng ro; Pangk 4, 8

Minggu-minggu Trinitas atau Trinitatis adalah minggu dimana kita merayakan pengasihan Tuhan bahwa Dia berkenan memperkenalkan diri-Nya selalu kepada manusaia. Dalam berbagai cara dan jalan Ia berusaha supaya manusia lebih mengerti dan mengimani maksud keselamatan yang Dia bawa kepada manusia.
Pertama, Ia sendiri yang menciptakan manusia itu dalam kesempurnaannya, mulia dan lebih baik daripada segala ciptaan yang ada. Ia menempatkan manusia itu pada taman kehidupan, supaya ia bisa hidup dengan tenang dan senang.
Kedua, Ia juga mengutus Anak-Nya sendiri – Diri-Nya sendiri- kepada dunia ini supaya dunia ini mengenal keselamatan yang dari-Nya (Yoh 3, 16).
Ketiga, Ia pula mengutus Roh-Nya sendiri menjadi Roh Penghibur (Yoh 14) kepada manusia, supaya manusia dihiburkan dalam dunia fana dimana penderitaan dan kesusahan hidup selalu mengikutinya akibat dosa yang dilakukannya.
Sebab itu manusia tidak perlu menganggap Allah sebagai Allah pajangan, Allah simpanan. Yang dibuka dan dicari saat dibutuhkan saja –utamanya bila mengalami penderitaan. Ia mau hadir dan siap kapan saja dengan tangan terbuka untuk menolong manusia itu.
Manusia seharusnya menyadari bahwa Allah hadir bukan hanya di ibadah minggu. Bukan hanya di kebaktian rumah persektor. Bukan hanya di acara latihan koor dan PA. Jadi bukan ditemui saat kita hanya membuka lembaran-lembaran Alkitab kita yang mungkin dibuka hanya sekali dalam seminggu.
Setiap hela nafas, setiap langkah dan pemikiran kiranya Dia hadir. Ada.

Blog ini tidak ditinggalkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s