30% penduduk Nagori Sihaporas Memanfaatkan KUR

Jumlah itu persen dari kl 180 kepala keluarga yang ada di Nagori Sihaporas, berarti ada sekitar 50 keluarga. Pada musim pinjaman pertama mereka diberikan sebanyak Rp 5 juta untuk peminjaman selama satu musim tanam yang diperkirakan 10 bulan. Dan untuk mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) tidak memerlukan persyaratan atau agunan yang “memberatkan”, cukup surat persetujuan semacam akta lahan pertanian yang dimiliki dari pangulu setempat. Hal itu dikatakan Marlan Siallagan, Bendahara Nagori Sihaporas, Kec Pamatang Sidamanik, Kab Simalungun pada ramah tamah setelah ibadah parmingguon HKBP saress. Jorlang Huluan di HKBP Gn Pariama Sihaporas pada Senin (1/6).
Dana bantuan pemerintah itu bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri di BRI Unit Sidamanik, dengan membawa beberapa persyaratan, seperti : KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Tanah (yang ditandatangani Pangulu – Kepala Desa setempat), dsb.
Dengan penjemaatan seperti ini diharapkan masyarakat mulai bisa mendapatkan bantuan guna meningkatkan ekonomi kerakyatan; program yang hampir bersamaan diluncurkan dengan PNPMandiri. Dana itu bisa didapatkan dengan cara kelompok maupun perseorangan. Buktinya sekarang sudah ada batu padas di beberapa titik di jalan dari Aek Batu ke Sihaporas Bolon. Itu dikelola kepada kelompok masyarakat yang ada di daerah itu sendiri. Kalau mereka masih mau mengkorupsi lagi dana itu, berarti mereka tidak mau membangun daerahnya sendiri, tukas Marlan Siallagan.
Sihaporas sendiri dimekarkan dari Nagori Jorlang Huluan pada tahun 2003 bersama-sama dengan Nagori Gorak; sekarang berlomba-lomba untuk membangun daerahnya.

Advertisements

One comment

  1. Mauliate lae,

    Didasari kerindungan ke kampung halaman di Lumban Ambarita Sihaporas, saya mencari berita-berita terkait Sihaporas. Untungnya ada dapat dalam blog lae Situmorang.

    Sukses lae

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s