Scrap Kotbah 24 Mei 2009 : 2 Rajaraja 20, 1-7

Umur dunia ini memang pernah hilang sebanyak 22 jam, ungkap seorang Fisikawan modern abad ini. Fakta ini tidak dipungkirinya, juga berhubungan dengan tema keajaiban dan rahasia alam ini dibawah kuasa Tuhan. Apa yang tertulis dalam peristiwa dimana Allah menambahkan umur Hiskia, raja Yehuda yang tunduk dan berkenan kepada Allah itu dalam perikop ini, 2 Rajaraja 20.
Tuhan memberikan tanda itu setelah Dia sendiri yang menyembuhkan sakit parah yang diderita oleh Hizkia dan divonis akan mati. Saat itu, dia belum memiliki keturunan, dan ini menjadi pergumulannya pribadi saat dia sudah memerintah selama 14 tahun di Yehuda (18, 2). Dalam pada itu reformasi keagamaan dan kenegaraan yang disana, ditambah pula tekanan psikologi akibat serangan dari negara Asyur yang besar, dapat menimbulkan sakit secara kejiwaan bukan saja kepada sang raja tetapi pada semua orang Yehuda terlebih Israel Utara sudah ditaklukkan.
Namun karena kemampuannya untuk meminta dan menyeru kepada Tuhan (Exaudi, untuk membedakannya dari Rogate) dia diberi belas kasih Tuhan dan akhirnya tidak lama selang Yesaya menubuatkan kematiannya, nabi itu sudah berbalik menyatakan lagi kesembuhan baginya dan bahkan ditambahkan umurnya 15 tahun lagi. Jadi Hizkia memerintah 15 tahun lagi – berita mana yang tidak direkam dalam pustaka sejarah Israel – di Yehuda.
Bukan tanda mujizat yang akan ditekankan dalam perikop ini. Benar, penyembuhan itu hanya diberikan oleh Allah dan kemudian raja meminta tanda. Kesembuhan itu adalah jawab Tuhan atas permohonan dan tangis Hizkia yang menyadari ketidakberartiannya dihadapan Tuhan. Bukan mengandalkan jasa-jasa, karyanya namun lebih pada kesadaran Tuhan-lah yang mengatasi semuanya yang ada di dunia ini.
Mujizat itu adalah salah satu cara Allah memanggil dan meyakinkan kita betapa maha kuasanya Dia; mengatasi segala sesuatu yang ada di dunia ini termasuk hukum alam. 12 jam (setengah hari) pernah hilang, disaat Yosua membantu Musa mengangkat tangannya untuk membiarkan bangsa itu selamat. 10 jam pernah juga waktu mundur ke belakang akibat Tuhan menunjukkan pengasihannya pada Hizkia.

Bahan Sermon HKBP Distrik V Sumatera Timur