Puji hamu ma Jahowa, baritahon hamu ma goarNa i, pabotohon hamu ditongatonga ni angka bangso angka pambahenanNa i! Psalmn 105, 1

Prilaku Altruisme, sebagai dicatat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tindakan atau perangai atau faham yang lebih memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain (kebalikan dari egoisme); sikap yang ada pada manusia, dan mungkin bersifat naluri berupa dorongan untuk berbuat jasa kepada manusia lainnya.

Pada dasarnya sikap altruisme dapat dikembangkan dengan baik sepanjang dengan niat baik untuk memberi, menolong dan mengutamakan kepentingan umum, baik perseorangan maupun kolektif. Sikap ini seharusnya dominan pada seseorang, bukan karena dia pekerja sosial, atau karena tugasnya saja, namun menjadi sikap hidup.
Mengutamakan orang lain juga berarti memberikan sesuatu yang bisa berguna dan dipakai oleh orang lain selain diri kita sendiri. Nilai-nilai altruisme ini menjadi nilai yang positif jika dilakukan dengan tulus. Ini sendi pertama dari altruisme.
I love monday!

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s