Diakonia In Loco : Diakonia Kepada Orang Sakit, Bukan Penyakitan

Memang diakonia selalu berarti pelayanan kasih kepada mereka yang tidak mampu, tidak mempunyai daya dan tenaga lagi. Objek itu juga berarti mereka yang lemah dan (bahasa dikeren-kerenkan) termarjinal.
Diakonia in loco maksudnya, di tempat kami. Jemaat HKBP Jorlang Huluan disini masih menganggap bahwa diakonia adalah sebatas pelayanan karitatif, misalnya bantuan kepada anak yatim dan para balu.
Diakonia berarti pelayanan dan santunan kepada mereka yang sakit atau mengalami kemalangan. Juga pelayanan kepada mereka yang sakit (marsahit), apakah dia di rumah atau terpaksa di opname. Tapi itu juga masih bisa berarti bahwa diakonia tidak ditujukan kepada mereka yang penyakitan (marsahitsahit). Memang diakonia selayaknya menyantuni, dan bisa sedikit meringankan beban mereka yang sakit misalnya dengan memberi buah tangan, dan sekadar ganti membeli aqua selain berdoa bersama.
Hal itu terungkap kemaren dalam Rapat Dewan Diakonia yang memutuskan memberi santunan sebesar Rp. 100.000,- untuk mereka yang sakit dan nominal yang sama untuk sekadar ganti krans bunga kepada mereka yang berduka karena meninggal anggota keluarganya. Memang tidak seberapa, mungkin. Tapi mudah-mudahan ke depan, jemaat akan mulai sadar akan tanggung jawab orang percaya untuk terus berdiakonia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s