Dakdanak on do na hupangido uju i, gabe dibasabasahon Jahowa tu ahu na pinangido ni rohangku sian Ibana; 1 Samuel 1, 27

Pendidikan di Indonesia sekarang ini sudah mengalami kebobrokan. Selain iklan yang bilang ada pendidikan gratis, SD dan SMP Negeri sebenarnya ada banyak lagi program pendidikan formal yang menunjukkan betapa terpuruknya bangsa ini.
Kita sudah mendengar, karena nilai kelulusan yang cukup tinggi maka banyak sekolah yang yang tidak ingin kelihatan paling bodoh di tengah sekolah-sekolah di wilayahnya. Sudah menjadi rahasia umum, untuk sekadar mencapai nilai kelulusan 2,5 maka para guru kemudian berusaha membantu siswa yang ikut ujian dengan mengirimkan jawaban pesan layanan singkat (SMS) ke nomor-nomor siswa tersebut. Tak ingin mendapat malu karena siswanya 99% tak lulus maka guru dan sekolah “menjual” jawaban A, D, D, B, E, dst. Di sisi lain, karena tak mungkin tidak tahu sama tahu, para pengawas kemudian membiarkan saja hal itu terjadi di depan hidungnya, seperti tidak melihatnya. Kita semua tahu itu, tapi entah siapa patutnya disalahkan dalam hal ini; apakah pemerintah, apakah sistem, atau para pendidik bangsa ini, atau mungkin juga para pelajar ini.
Teks ini adalah jawab Hanna kepada imam yang menelisik tentang kerelaannya mempersembahkan si anak, anak satu-satunya baginya setelah lama dia merindukannya. Mungkin mempercayakan pendidikan bagi anak kepada Tuhan menjadi pilihan utama, sebab Tuhan sendiri yang akan mengajarnya. Sekuel menginginkan anak, merawat anak, meninabobokan, membelikan, memberikan, menjaga dan mendidik adalah permintaan semua orang tua kepada Tuhan pada awalnya. Tidak banyak yang mempercayakan pengajaran anak kepada Tuhan.

Besok dengan isu koal(isi), kolusi dan kolokan pragmatis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s