Laos ninna ma mandok nasida: Uju husuru hamu, so marhajut, so marhandehande, so marsipatu pe, dung do hamu hurangan? Jadi didok nasida ma: Ndang dung! Lukas 22, 35

Hidup berkecukupan!? Bagaimana!? Melakoni hidup berkecukupan bukan berarti hidup berlebih-lebih, bukan pula secukupnya untuk mengatakan pas-pasan. Sederhananya, mencukupkan diri dengan apa yang kita miliki kini. Cukup klise ya!? Sebab, untuk apa sekolah tinggi-tinggi kalau hanya untuk hidup sederhana, hidup bersahaja. Untuk apa berusaha, berbisnis, mencangkul menahan terik matahari dan siraman hujan kalau hanya untuk mempertahankan hidup? Demikian mungkin sebagian orang berfikir.
Kata Mahatma Gandhi, sebenarnya apa yang ada di dunia ini cukup untuk menghidupi segala makhluk yang hidup diatas bumi; tapi tidak untuk kerakusan (hamongkuson). Semua makhluk dapat memakan apa yang dihasilkan tanah, laut dan yang dicurahkan langit; tapi tidak akan cukup untuk beberapa ratus orang saja yang hidup dalam kerakusan tak berkesudahan.
Karena itu mintalah apa yang kamu butuhkan kepada Tuhan, bukan apa yang kamu inginkan, kata Ephorus HKBP beberapa waktu lalu. Betul itu! Sebab keinginan manusia ibarat seseorang yang minum air laut, semakin banyak meminumnya – tapi saya belum pernah mencobanya, mungkin karena garamnya ya – maka semakin dia dahaga. Betul!? Jika mengandalkan apa yang kita inginkan, mungkin akan terbatas, kita akan kecewa karena sering sebenarnya kita tidak tahu apa yang kita butuhkan dalam hidup ini. Paling bertanggungjawab permintaan penulis Amsal, “.. jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan; biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku” (30, 8).
Tapi ajakan Yesus ini bukan berarti hidup sekadarnya lho. Di ayat kemudian Yesus juga berpesan, “..yang mempunyai pundi-pundi, jubah dan bekalnya hendaklah menjualnya untuk membeli pedang!” (ay. 36) Bah, apa artinya ini? Menyimak perkataan Tuhan ini, mengingatkan kita juga berkorban untuk Tuhan. Memakai hidup dan memaknainya, sehingga cukup berarti dan itu berarti cukup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s