Ibadah Perayaan Tahun Diakonia HKBP 2009 Di Pardede Hall Medan

diakoniapardedehallHari ini Minggu tanggal 19 April 2009 kami mengikuti ibadah pencanangan Tahun Diakonia HKBP 2009. Perayaan semula direnanakan di Stadion Teladan, namun karena berbagai alasan dialihkan ke Pardede Hall.
Perayaan ini dibuka dengan penyambutan Menteri Kehutanan RI Bapak Dr H MS Kaban. Beliau memberikan secara simbolis 17 pohon yang akan ditanam diterima oleh 17 Praesses HKBP yang ada di wilayah Sumatera Utara.
Dalam sambutannya Menteri Kehutanan menyatakan bahwa pada tahun 2014 diperkirakan akan ada 5 milyar pohon yang ditanam sebagai program pemerintah. Bekerjasama dengan HKBP, Departemen Kehutanan bersama-sama telah menandatangani nota kesepahaman tentang penggiatan penanaman pohon sebagai salah satu pelaksanaan Tahun Diakonia. Menhut kemudian memberikan sumbangan berupa ternak ke panti Asuhan Elim di Pematangsiantar dan Panti Karya HKBP Hephata di Laguboti. Kemudian beliau berkenan melakukan penanaman pohon di area tersebut. Dulu hutan kita kenal sebagai sumber mata air, sekarang hutan menjadi sumber air mata karena banyaknya penggundulan hutan tanpa memperhitungkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, imbaunya Dephut sangat berterimakasih kepada HKBP yang misalnya mencanangkan penanaman pohon bagi mereka yang baru menikah. One man, one tree.
Dihadiri kurang lebih 15.000 warga gereja HKBP dan para undangan yang memenuhi ruangan Pardede Hall dan sekitarnya; diluar juga didirikan tenda dan disediakan plasma bagi mereka untuk dapat mengikuti rangkaian acara.
Kurang lebih 200 orang pelayan berbaju toga, pendeta, guru huria dan bibelvrouw serta diakones yang melayani di wilayah Sumatera Utara. Hadir dalam kesempatan itu juga 2 cicit Ompu i Nommensen, yang pada kesempatan itu memberikan sambutan terimakasih kepada warga gereja HKBP atas peringatan itu.

**
Acara ibadah sendiri dimulai pada 04.15 pm dan berakhir pada 05.50 pm. Pengkotbah dalam kesempatan itu adalah Pdt Dr Bonar Na70 Ephorus HKBP, Peliturgis Pdt Nelson Siregar, STh (Kepala Departemen Diakonia HKBP) dan Pdt Ramlan Hutahaean, MTh (Sekretaris Jenderal HKBP). Doa syafaat disampaikan dua kali oleh Pdt Dr Jamilin Sirait dan Pdt Dr Binsar “deforestasi” Nainggolan. Ibadah diawali dengan prosesi dari para pelayan ke tempat ibadah, menggeser ratusan orang yang menduduki deretan bangku untuk para hamba Tuhan.
R & B artis ibukota “halak hita” tampil memukau dengan menyanyikan lagu pujian di ibadah dan acara hiburan. Juga duet Vania dan Valdo serta artis cilik Winda Sere Tambun. Secara khusus panitia yang diketuai Bapak Dr RE Nainggolan, telah bekerja keras menyediakan dan mempersiapkan segala sesuatu, tempat dan konsumsi.
Direncanakan diadakan hiburan berupa lagu pujian dari para artis, paduan suara Consolatio, Concordia dan Sola Gratia, serta Opperete Nommensen dan kedatangan Injil di tanah Batak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s