Parmonding ni Jesus??

watermarkBelum pernah saya mendengar ini, baru hari ini. Parmonding ni Tuhanta Jesus, kata St B Siallagan yang berkotbah dari teks Yohanes 19. Yang saya heran adalah pengucapan dan doanya tentang ibadah hari ini sebagai “peringatan wafatnya Yesus” tapi diterjemahkan dengan parmonding ni Jesus. Bah..
Mungkin karena ungkapan ini dirasa lebih sopan dan hormat, menggambarkan kematian Yesus Kristus pada Jumat Agung ini. Tapi jelas-jelas Almanak HKBP memang menuliskan hari ini sebagai salah satu hari besar peringatan bagi gereja yaitu, Pesta Parningotan Di Ari Hamamate ni Tuhan Jesus. Jadi judulnya hamamate. Mungkin kata itu kurang hormat ditujukan kepada Tuhan maka diganti dengan kata “parmonding” atau “partuaon” sekaligus, ungkapan kepada mereka yang meninggal dunia dengan tenang dan sayurmatua.
Lucu juga mendengar ungkapan itu. Tapi itu mungkin dirasa lebih tepat.

Hal itu paling tidak menggambarkan ketakutan orang kepada kematian (dan memang ditakuti, siapa yang tidak takut mati bukan). Hamamate adalah maut dan akhir dari kehidupan di dunia ini, bukan? Meski teks hari ini juga berbicara tentang kemenangan Kristus atas semua itu. Tak ada musuh yang terlalu kuat bagi Tuhan, termasuk kematian. Apakah itu hamamate atau parmonding(an) atau apa saja. Ada kehidupan setelah kematian itu, itu segera kita rayakan besok.

Advertisements

5 comments

  1. He3, ada juga satu ungkapan umum yang sebenarnya aneh amang. Ada istilah “turun ke neraka” atau “turun ke tempat orang mati” atau dalam pasal pengakuan iman berupa “turun ke dalam kerajaan maut”. Bagaimana kita memahami ini amang?

  2. kematian bagi orang percaya merupakan keberuntungan sebab dia berhenti berbuat dosa (stop) tetapi bagi yang belum siap mati kek mana tu amang ………………..

    1. kata orang sih, hehe.. kematian memang datang di saat kita tidak siap, bukan di saat kita sudah siap. Tapi untunglah kematian sudah dikalahkan kini, jadi bukan sesuatu yang harus ditakuti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s