Ale Jahowa Debatangku, tu Ho do ahu mangangguhi, jadi dipamalum Ho ahu; Psalmn 30, 3

Sakit ekonomi seperti ini tidak serta merta bisa pulih seperti sediakala dalam waktu yang singkat. Perlu waktu yang relatif lama dan panjang ditambah program-program pemulihan dari pemerintah misalnya dengan pembenahan-pembenahan infrastruktur menopang rakyat banyak. Ini pendapat Gie, waktu bicara tentang overinvestment yang menjadi titik nadir bangkrutnya ekonomi di Asia secara umum yang baru lalu. Kalau krisis akibat underconsumption masih rada gampang penyelesaiannya, tapi kalau overinvestment kelihatannya tidak ada obatnya, kecuali menunggu sampai penderitaan titik terendah dan ekonomi kembali merangkak dari sana.
Obatnya sama, dosisnya juga sama. Tapi orang lebih mendengar Paul Krugman, present times economist yang sering menulis kolom di Times. Analisanya dianggap ultramutakhir mengatasi krisis ini, padahal tahun 1956 Witteveen sudah menuliskannya. Sama betul, diagnosanya, obatnya sampai terapinya juga sama tapi orang lebih suka “tabib”nya yang baru, yang Prof Dr, Ir, Drs, MTh dll spesialisasi. Betul itu. Tak ada yang salah. Tapi seperti kata Gie lagi, orang hanya perlu berfikir dengan Nalar untuk membedakan mana yang paling perlu dilakukan mengatasi sakit ini.
Ekonomi mengenal penderitaan titik terendah untuk bangkit lagi menuju kesehatan dan pulih. Demikian juga pergumulan kita tentang sakit dan penderitaan ini. Mungkin perlu sampai pada penderitaan dan kesakitan yang amat untuk mulai lagi merangkak mendapat kesehatan dan vitallitas. Tak ada obat yang terlalu manjur, atau tabib atau sekalian dokter yang terlalu dingin tangannya untuk Tuhan. Sebab sang penyembuh itu adalah Dia.
Sekarang makan obat dan istirahatlah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s