Asa dung dipintori hita dalan haporseaon, mardame ma hita dohot Debata marhitehite Tuhanta Jesus Kristus; Rom 5, 1

Billy Graham, pengkotbah termashyur itu menulis buku “Damai dengan Allah”. Disitu ia memaparkan perdamaian manusia dengan Allah dimulai dengan manusia yang berdamai dengan dirinya sendiri; dengan lingkungannya dan sesamanya. Seorang yang belum berdamai dengan dirinya, dengan dia sendiri bagaimana mungkin bisa berdamai dengan sesama, dengan lingkungannya apalagi berdamai dengan Allah. Setelah melalui itu manusia sampai pada perdamaian sebenarnya dengan Allah.

Sama seperti doa yang diajarkan Tuhan Yesus, “..ampunilah kesalahan kami seperti kami mengampuni sesama yang berdosa kepada kami”. Artinya manusia harus lebih dulu sampai pada jalan mengampuni dan memaafkan sesamanya, baru dia dapat meminta pengampunan dosanya kepada Tuhan. Manusia harus bisa berdamai menerima kenyataan hidupnya untuk bisa menerima realita kelepasan yang akan ditunjukkan Tuhan. Mungkin jika ia belum bisa menerima kenyataan hidupnya, berjabat tangan dengan sesamanya yang membenci dia selama ini, tak ada perdamaian abadi. Juga tentang suka dan duka yang silih datang. Misalnya, saat orang menjadi raja sehari dan ratu sehari mereka juga mengakui bahwa sesudah itu bayang-bayang duka sudah mengikuti mereka saat perayaan sukacita itu. Tak pernah orang yang tidak kawin itu menjadi duda atau menjadi janda. Tapi mereka yang memasuki sukacita perkawinan itulah yang harus siap menerima dipisahkan oleh kematian, meski itu terjadi 50 tahun lagi umpamanya.

Karena itu marilah kita katakan, berdamai dengan kenyataan hidup berarti menerima Allah menempatkan kita hidup dan bekerja disini. Kita hidup berdampingan dengan bersama sesama dalam keseimbangan ekologis dan lingkungan hidup dan seluruh ciptaan. Itu berarti juga kita menerima Allah bekerja dalam kita mewujudkan keinginan-Nya.

Advertisements

One comment

  1. Holan Debata do na boi mamintori ngolu ni jolmai sian dosana anggo diri ni jolmai, ai sian dirina sandiri dang adong na boi sipangasahononna ( Rom 6: 23). patut do didok si MArtin Luther “Sola Garcia” Holan asi ni roha ni Debata do na patut sipangasahononta asa jumpangta haluaon i, alani boha do jolmai manjangkon JESUS i di ngoluna. Mauliate.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s